Jumat, 1 Maret 2024

PMI Trenggalek Siaga Bencana dengan PROKASIH

Diunggah pada : 29 November 2022 18:26:36 74
Ketua PMI Kabupaten Trenggalek, Mulyadi saat memberikan papan peringatan buang sampah di kegiatan PROKASIH

Jatim Newsroom - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Trenggalek mengadakan kegiatan PROKASIH atau Program Kali Bersih. Kegiatan ini  sebagai bagian dari upaya bakti sosial kesiapsiagaan bencana Di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, pada Selasa, (29/11/2022).

Desa Ngadirenggo menjadi lokasi yang dipilih untuk kegiatan dikarenakan pada Banjir Bandang yang pada awal bulan November melanda Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu lokasi yang terdampak cukup parah.

Dengan melibatkan beberapa relawan PMI dan juga dari lintas sektoral, diantaranya dari Pramuka, Tagana, Baznas, Banser, MDMC, dan warga masyarakat sekitar.

Dalam upacara apel pembukaan PROKASIH,  Mulyadi selaku Ketua PMI dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai upaya dalam menghadapi datangnya musim penghujan dan bencana hedrometrologi yang bisa saja terjadi lagi, PMI mengajak seluruh potensi relawan kemanusiaan lintas sektor untuk bisa bersinergi dalam menghadapi situasi tersebut.


Ketua PMI Kabupaten Trenggalek, Ketua PMI Kecamatan Pogalan mengatakan bahwa kegiatan bakti relawan yang digagas oleh PMI di wilayahnya menjadi satu bagian dari bukti PMI hadir di tengah tengah masyarakat.

“ Kami sengaja datang  untuk membantu warga masyarakat, selalu peduli terhadap lingkungannya yang jika diabaikan bisa menjadi faktor utama terjadinya Bencana,” ujarnya.

Kegiatan PROKASIH, yang diinisiasi oleh PMI Kabupaten Trenggalek ini, selain melakukan bakti sosial membersihkan sungai yang melintasi Desa Ngadirenggo, juga memperbaiki tanggul yang sempat jebol akibat terjangan banjir yang baru saja melanda wilayah Ngadirenggo.

Menurut Giono, Salah satu warga yang terlibat berpartisipasi mengatakan bahwa kegiatan PROKASIH ini sangat bermanfaat dan menjadi motivasi serta cambuk bagi masyarakat sekitar untuk memperhatikan dan menjaga lingkungannya.

“ Terima Kasih mas-mas dan mbak-mbak yang mau peduli terhadap lingkungan kami untuk membersihkan dan memperbaiki tanggul di sini. Semoga tidak lagi terjadi banjir dan Allah SWT membalas kebaikan Panjenengan semua,” lanjutnya.

Dalam kegiatan PROKASIH ini,  tidak kurang dari 200 relawan ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan.(aud)

 

#pmi