Kamis, 25 April 2024

PMI Magetan Beri Materi Effective Training Siswa SMK YKP

Diunggah pada : 28 Juli 2022 17:44:55 104
Fasilitator dari PMI Kabupaten Magetan saat memberikan contoh praktek pertolongan pertama pada siswa SMK YKP Magetan.

Jatim Newsroom – Sebagai upaya dalam mendorong edukasi tentang pemberian pertolongan pertama (PP) pada korban kecelakaan serta siapa saja yang memerlukan penanganan medis di lingkungan sekolah. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magetan menggelar kegiatan Effective Training atau pelatihan efektif di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) YKP Magetan pada Kamis, (28/07/2022).

Kegiatan Effective Training ini disampaikan oleh para empat orang fasilitator yang ditunjuk oleh PMI Magetan sebagai pembimbing dan pengajar bagi para siswa. Sedangkan materi yang disampaikan adalah pengenalan pentingnya pertolongan pertama. Pertolongan pertama yaitu memberikan pertolongan segera kepada penderita sakit atau cidera/kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar.

Suyono staf PMI Kabupaten Magetan sekaligus fasilitator di SMK YKP Magetan mengatakan pentingnya pertolongan pertama di sekolah yaitu untuk membimbing anak untuk dapat mandiri, berwawasan dan membangun kepedulian terhadap sesama.

“Semoga dengan pelatihan ini anak-anak lebih mempunyai sikap peduli dan tolong – menolong kepada orang lain. Paling tidak mereka tahu apa yang harus dilakukan apabila ada siapa saja yan membutuhkan pertolongan medis,” ujarnya.

Selain dari PMI Kabupaten Magetan, pelatihan tersebut  juga didukung  pemateri  dari instansi lain seperti  Puskesmas, BPBD (Badan Penanggunglangan Bencana Daerah) Kabupaten Magetan, dan Polres. Kegiatan yang dihadiri  peserta dengan jumlah kurang lebih 200 orang ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lintas bidang antar sesama peserta.  Selain pemberian materi juga dilakukan praktek di lapangan terkait pertolongan pertama

“Tujuan utamanya pelatihan adalah meningkatkan kompetensi lintas bidang kepada peserta, dalam kegiatan tersebut juga di lakukan praktek terkait pertolongan pertama, dengan harapan apabila ada yang memerlukan bantuan bisa segera memberi pertolongan,” tutupnya. (Aud)

#pmi