Kamis, 25 April 2024

PMI Lumajang Laksanakan Program Pemulihan Pasca Erupsi Semeru

Diunggah pada : 18 April 2022 16:57:56 203
Kegiatan program pemulihan pasca erupsi Gunung Semeru yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Lumajang

Jatim Newsroom - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang kembali melaksanakan program pemulihan bencana Erupsi dengan  menjalankan Program WASH (Water and Sanitation Hygiene) yang meliputi kegiatan Perpipaan di desa Sumbermujur. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih dan sarana sanitasi di lokasi Huntara (Hunian Sementara) bagi para korban erupsi Gunung Semeru.  

Pada kesempatan tersebut PMI Lumajang juga menggelar kegiatan sosialisasi Promkes (Promosi Kesehatan) dan Promkeb (Promosi Kebersihan) di wilayah kecamatan Pronojiwo dan Candipura mulai tanggal 10 April - 31 Mei 2022.

Program ini merupakan bentuk kerjasama PMI Pusat yang bersumber dari bantuan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) guna membantu para penyintas Erupsi Semeru.

“Semoga dengan dilakukannya program tersebut mereka dapat kembali bangkit semangatnya untuk hidup mandiri. Karena adanya prasarana yang dapat  mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat maka kualitas kehidupan mereka juga semakin meningkat,” ujar Nurhadi Santoso, SP selaku Kepala Posko Pemulihan PMI Kabupaten Lumajang, Senin (18/04/2022).

Program pemulihan bencana erupsi ini dilakukan oleh PMI Kabupaten Lumajang dengan pendampingan serta pengarahan dari IFRC, PMI Pusat serta PMI Provinsi Jawa Timur. Sedangkan untuk program LIVELIHOOD  berupa Bantuan Berbasis Tunai sebagai modal usaha bagi penyintas sehingga bisa membangkitkan kembali semangatnya untuk berusaha dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. (aud/s)

#pmi #Jawa Timur