Jumat, 19 April 2024

PMI Jember Lakukan Fogging di Ponpes Al Qodiri

Diunggah pada : 18 Mei 2022 17:10:19 103
Penyemprotan atau Fogging guna pencegahan penyakit demam berdarah oleh relawan PMI Jember di Pondok Pesantren Al Qodiri

Jatim Newsroom - Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang disebakan oleh nyamuk aedes aegypti, terutama saat memasuki pergantian musim kemarau ke hujan atau pancaroba saat ini, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember  melakukan pengasapan (fogging) di puluhan ruang asrama santri di Pondok Pesantren Al Qodiri, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Jember, Rabu (18/05/22)

Fogging sengaja dilakukan oleh pengurus pondok pesantren tepat sehari jelang kedatangan santri pasca libur panjang Bulan Suci Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri. Selain asrama tempat santri bermukim, tempat menimba ilmu pendidikan dan agama serta perkantoran menjadi sasaran dalam fogging tersebut.

“ Kita melakukan langkah antisipasi pada saat santri akan kembali ke pondok pesantren setelah libur ramadhan dan idul fitri, agar tidak terkena demam berdarah, jadi kami selaku pengurus pondok pesantren berusaha melakukan pencegahan yakni fogging yang dilakukan oleh relawan PMI Jember,” kata Biro Kepesantrenan Ponpes Al Qodiri, Achmad Baihaqi.

Dalam pelaksanaan fogging bagian ruangan kamar mandi yang ada di setiap asrama baik putra maupun putri juga menjadi perhatian oleh relawan. Tempat tersebut menjadi kunci utama karena kondisi lembab serta masih ditemukan genangan air yang mempercepat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

Kegiatan fogging dilakukan menggunakan dua mesin, relawan PMI satu persatu melakukan pengasapan di seluruh lingkungan pondok pesantren yang memliki 4000 santri mulai pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Pencegahan tersebut juga dilakukan oleh pondok pesantren lain yang ada di jember.

“Ada permintaan pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah dari pengurus pondok pesantren, dan hari ini sebanyak 9 personil dari PMI Jember datang ke sini untuk melakukan fogging, apalagi besok santri sudah mulai kembali ke Pondok Pesantren,” ujar Rupianto, SP Kepala Markas PMI Jember.

Dari data kementerian agama, kabupaten jember memiliki 611 pondok pesantren, banyaknya pondok membuat jumlah santri yang bermukim cukup banyak yakni 12.381 santri. Karenanya, PMI Jember juga memberi perhatian pada pondok pesantren yang mengajukan permohonan layanan fogging demi kesehatan dan keselamatan santri dan serangan. (aud/s)

 

 

#jatim #pmi