Minggu, 29 Januari 2023

PMI Jember Gelar Donor Darah Safari Ramadhan 1443 H

Diunggah pada : 12 April 2022 18:37:37 44

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember menggelar kegiatan Donor Darah Safari Ramadhan 1443 H. Hingga hari ke sepuluh ramadan, tercatat lebih dari 100 kantong darah dikumpulkan di setiap malam di Alun-Alun Jember.

Hasil donor darah tersebut penggabungan dari dua unit Donor Darah (UDD) PMI Jember di Markas PMI dan Gerai Donor di Klinik Pratama PMI Jubung.

Kegiatan donor darah di Alun-Alun Jember dengan menggunakan mobil unit ini telah berhasil menghimpun 33 kantong darah sampai dengan hari Selasa (12/4/22). Tetapi jumlah relawan pendonor yang tidak lolos pemeriksaan ada sekitar 36 orang. 

“Menurut catatan petugas donor di Alun-Alun Jember seperti pada hari Minggu malam yang datang mendaftar kebanyakan berstatus mahasiswa. Pada bulan Ramadhan seperti ini mahasiswa sering suka begadang di malam hari, sehingga hal tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada kondisi kesehatan saat menjalani pemeriksaan di awal, ” kata Wakil kepala UDD PMI Kabupaten Jember, dr Tri Wiranto.

Sementara itu, kegiatan donor darah yang digelar tim MU UDD PMI di Kecamatan Semboro kembali memecahkan rekor terbanyak menghimpun darah dalam semalam. Kegiatan donor darah yang digelar di masjid Darussalam Desa Sidomekar Semboro pada Sabtu 9 April 2022 verhasil menghipun 132 kantong darah.

Rinciannya, golongan darah A sebanyak 26 kantong, golongan darah B sebanyak 47 kantong, golongan darah O sebanyak 50 kantong, golongan darah AB sebanyak 9 kantong,` imbuh dr Farah, dokter klinik Pratama PMI yang mendampingi tim MU UDD PMI di kegiatan donor darah Semboro.

Dia menjelaskan, bahwa antusiasme masyarakat Semboro, khususnya di Desa Sidomekar dan sekitarnya sangatlah tinggi. “Andai yang daftar lolos semua maka jumlah kantong darah yang berhasil dihimpun akan jauh lebih banyak lagi,” ujarnya.(Aud/s)

#jatim #pmi #jember