Kamis, 28 Maret 2024

PMI Jawa Timur Berikan Pelatihan PP Tingkat Mahir kepada Relawan

Diunggah pada : 17 Mei 2022 15:54:23 337
Foto bersama usai acara pembukaan pelatihan Pertolongan Pertama tingkat mahir.

Jatim Newsroom - Sebanyak 24 relawan Palang Merah Indonesia (PMI) tengah mengikuti pelatihan khusus Pertolongan Pertama (PP) tingkat mahir di Diklat PMI Gresik, Selasa (17/5/2022). Pelatihan tersebut diberikan agar para relawan menjadi mahir dalam penanganan bencana, utamanya dalam mencari solusi jika menemukan kendala ketika ditugaskan di wilayah bencana.

Kegiatan pelatihan  dibuka dibuka oleh Ketua Harian Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur H. Soebagyo SW. Dalam sambutannya dia menyampaikan harapan agar peserta pelatihan PP (Pertolongan Pertama) tingkat mahir benar benar serius dan memanfaatkan waktu yang ada dengan maksimal.

“Sebab pelatihan ini sangat penting mengingat nantinya peserta ini punya tugas lanjutan yakni mengembangkan di daerahnya masing masing,” ujarnya.

Hal itu diungkapkan ketika memberikan arahan sekaligus membuka pelatihan PP tingkat mahir di Diklat PMI Propinsi Jawa Timur di Gresik,

Menurutnya, tidak semua relawan berkesempatan mengikuti pelatihan ini. Hanya mereka yang sudah memiliki keahlian saja dan lolos seleksi yang bisa ikut disini.

“Pelatihan yang melibatkan 24 peserta utusan dari Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Ini adalah pelatihan ke tiga dilaksanakan yang memakan waktu hingga Sabtu depan,” jelasnya.

Ke depannya para relawan PMI punya tugas yang tidak ringan, karena  mereka harus berada di lokasi bencana enam jam setelah terjadi bencana dengan semangat kemanusiaan. Dan kedua adalah penyediaan UDD (unit donor darah). Ini esensi dari tugas PMI.

Soebagyo mengatakan pelatihan tersebut merupakan bagian dari program PMI Jatim sebelumnya yang dilakukan melalui online mengingat Pandemi Covid-19 dan hari ini dilakukan secara tatap muka.

Dalam pelaksanaan tugas penanganan bencana, semisal penanganan APG (Awan Panas Gunung) Semeru Lumajang, tidak semua relawan bisa diturunkan di medan tugas. Mereka harus punya keahlian mulai dari dapur umum, assesmen, evakuasi sampai pemulihan.

“ Saya berharap pasca pelatihan bisa di kembangkan di daerahnya masing masing. Dan relawan itu berada di Kabupaten/Kota, “ tegas Soebagyo.(aud/s)

#jatim #pmi