Sabtu, 20 April 2024

PMI Banyuwangi Gelar Baksos Pelayanan Kesehatan Mata dan Operasi Katarak Gratis

Diunggah pada : 28 Juni 2022 19:50:12 318
bakti sosial pelayanan kesehatan mata dan operasi katarak gratis yan digelar PMI Banyuwangi bersama lembaga Jhon Fawcett Foundation (JFF) Indonesia

Jatim Newsroom -  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi mengadakan kegiatan bakti sosial  pelayanan kesehatan mata dan operasi katarak gratis mulai tanggal 25-29 Juni 2022.  Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara PMI Banyuwangi dengan lembaga asing Jhon Fawcett Foundation (JFF) Indonesia beserta Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Pada kegiatan Baksos Pelayanan Kesehatan mata kali ini juga dilakukan pemeriksaan, operasi katarak sampai penggantian bola mata palsu yang dilaksanakan di Markas PMI Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Markas PMI Kabupaten Banyuwangi, Sutiyono, menyampaikan, ada tiga hal yang harus dicapai agar  kegiatan baksos ini berhasil.  Sehingga dapat berjalan lancar seperti tahun tahun sebelumnya dan masyarakat pun juga merasakan keberhasilan dari manfaatnya.

“Komitmen, integritas dan empati merupakan tiga hal yang harus kita pegang teguh dalam menjalankan misi kemanusaan melalui bakti sosial ini,” tutur Sutiyono.

Kegiatan Baksos ini juga dibuka dan dihadiri oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. Dalam sambutannya dirinya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Bakti Sosial yang digelar oleh  PMI Banyuwangi bersama lembaga  JFF ini.

“Semoga semakin banyak kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, dan kedepannya penderita katarak semakin berkurang,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan baksos pelayanan kesehatan mata dan operasi katarak gratis ini sudah dilaksanakan delapan kali sejak tahun 2014. Tetapi sempat terhenti hanya di tahun 2020 di saat kasus pandemi covid-19 yang cukup tinggi. Hal tersebut disampaikan oleh Manager lembaga JFF, Nyoman Wardana pada saat memberikan sambutan

“Semoga dengan kegiatan ini  kedepan tidak ada lagi kasus yang sama yaitu meningkatnya penderita katarak,” jelasnya.

Berdasarkan laporan yang didapat dari panitia , hasil baksos tanggal 25 Juni 2022 adalah sebanyak 347 orang untuk Pemeriksaan mata, 193 orang untuk Pasien katarak yang disiapkan operasi, 74 pasien Untuk Pemberian kaca mata, 100 botol untuk Pemberian obat, dan untuk Mata palsu/protesa datang 12 pasien, dan yang bisa dibuat protesa ada 8 pasien. (Aud/s)

#pmi