Rabu, 24 April 2024

PMI Banyuwangi Bangun Ketangguhan Keluarga Melalui Game Edukasi Online

Diunggah pada : 22 Juli 2022 19:57:45 71
Penyampaian materi melalui media game online kepada para peserta pelatihan Keluarga Aman Tangguh

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia  (PMI ) Kabupaten Banyuwangi menggelar pelatihan keluarga tangguh melalui game edukasi on line pada Jumat  (22/07/2022) di Desa Sumber Asri, Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PMI Banyuwangi dengan  KOICA (Korean International Coorporation Agency) pada rangkaian kegiatan bertajuk Koica for KUAT ( Keluarga Aman Tangguh).

Kali ini  pelatihan Keluarga Aman Tangguh dilaksanakan dengan metode tatap muka melalui  media game online. Sehingga pembelajaran dan pengenalan kepada peserta dilakukan melalui sebuah aplikasi game yang  diunduh di perangkat telepon selular berbasis android milik  masing masing  peserta.

Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Kecamatan  Purwoharjo, Banyuwangi,. H. Bisri. Dalam sambutannya menyampaikan pelatihan ini adalah bentuk dari tugas PMI terkait kebencanaan karena selain bergerak di bidang donor darah PMI juga bergerak di bidang Kesiapsiagaan bencana,

“Kegiatan  ini merupakan salah satu Upaya Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pengurangan risiko bencana yang dilaksanakan di 10 desa di Kabupaten Banyuwangi, dengan target sasaran 500 kepala keluarga  (KK), “ ujarnya.

Sedangkan Kepala Desa Sumber Asri, Muhammad Yasin  juga menambahkan  sangat bersyukur karena masyarakat desanya diberikan pelatihan dan pengetahuan, kebencanaan oleh PMI Banyuwangi.

“Masyarakat yang selama ini hanya mengetahui PMI bergerak di bidang donor Darah saja namun ternyata PMI juga membantu Pemerintah mensosialisasikan Pengetahuan Kebencanaan, Harapan saya, masyarakat nantinya mau menularkan ilmunya kepada masyarakat lainnya baik di lingkungan sekitarnya maupun diluar lingkungannya masing – masing,” terangnya.

Menurutnya, Pengetahuan ini akan membantu dan bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga masyarakat mampu mengenali ancaman atau potensi bahaya, kerentanan atau kondisi rentan, dan kapasitas atau kemampuan, untuk mengurangi risiko apabila terjadi bencana.

Pelatihan kali ini dilaksanakan di wilayah selatan Banyuwangi yaitu desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. “ Semoga masyarakat sekitar dapat segera mempelajari metode dan  pengetahuan ini, karena  kita semakin mudah untuk mempelajarinya apalagi sudah diaplikasikan di game online,” terang Tutus Wahyudi,Spd selaku Fasilitator PMI Kabupaten Banyuwangi dalam pengantar Modul Kuat.(Aud/s)

#pmi