Sabtu, 20 April 2024

PM Disabilitas Netra Berlatih Karawitan

Diunggah pada : 10 September 2022 16:18:39 36
PM DISTRA UPT RSBN Malang gelar latihan karawitan.

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang mengajak penerima manfaat (PM) Disabilitas Netra (Distra) berlatih karawitan untuk melestarikan seni musik tradisional Jawa.

Kegiatan karawitan ini dilaksanakan di ruang galery braille. Dalam latihan karawitan tersebut dengan dipandu oleh instruktur dan didampingi oleh siswa praktikan dari SMKN 2 Malang. 

Latihan karawitan ini diikuti oleh beberapa PM Distra dan rutin dilaksanakan setiap jumat sore untuk mengisi waktu luang PM sekaligus upaya menghidupkan kembali seni musik tradisional Jawa Agar tidak terlupakan dan tidak punah.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, mengapresiasi kegiatan ini. Di kantornya, Sabtu (10/9/2022), Firdaus mengatakan, bahwa berlatih karawitan memiliki banyak manfaat bagi PM.

"Karawitan juga termasuk kegiatan rekreatif yang mampu mengasah daya ingat PM serta melatih konsentrasi para lansia dalam menabuh gamelan karena butuh kesabaran agar menjadi musik yang padu atau enak didengarkan. Selain itu, kegiatan ini untuk menghibur PM agar tidak merasa jenuh dan bosan berada di panti" imbuhnya. (her/s) 

#dinsos jatim