Kamis, 13 Juni 2024

PLN UIT JBM Lakukan Pemeriharaan Infrastruktur kelistrikan di Jawa Timur dan Bali

Diunggah pada : 15 Mei 2023 14:59:43 598
PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) selalu melakukan pemeliharaan rutin tahunan terhadap seluruh infrastruktur kelistrikan di Jawa Timur dan Bali.

Jatim Newsroom - Gardu Induk (GI) menjadi salah satu bagian yang signifikan sebagai perantara penyaluran energi listrik sebelum didistribusikan kepada pelanggan dari Saluran Udara Tegangan Tinggi/Ekstra Tinggi (SUTT/SUTET) melalui Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM). Dalam menjaga keandalannya, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) selalu melakukan pemeliharaan rutin tahunan terhadap seluruh infrastruktur kelistrikan di Jawa Timur dan Bali.

Dijelaskan General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan, PLN terus berupaya dalam menjaga keandalan pasokan listrik kepada seluruh pelanggan, termasuk terhadap pelayanan kepada Pelanggan Konsumen Tegangan Tinggi (KTT). “Pasca siaga Idul Fitri, awal hingga pertengahan Mei ini, pemeliharaan rutin terus dilakukan untuk memastikan keandalan GI, seperti pada Pemeliharaan Rutin 2 Tahunan GI PLTU Gresik 150 kV dan GI Petrokimia 150 kV yang diselesaikan dengan kondisi tanpa padam  oleh tim PDKB (Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan) UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Gresik dan tim Pemeliharaan Gardu Induk ULTG (Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk) Gresik,” ungkap Didik dalam keterangan tertulis, Senin (15/5/2023).

Selanjutnya, Didik menyampaikan, pemeliharaan rutin tahunan menjadi langkah wajib sebagai komitmen PLN menyediakan listrik andal untuk pelanggan. “GI PLTU Gresik ini menyalurkan listrik ke wilayah Kota Gresik dan sebagian Surabaya yang kemudian disalurkan ke GI Sambikerep,  GI Segoromadu dan GI Altaprima. Selain itu juga menyuplai langsung ke KTT, salah satunya PT Wilmar Nabati Indonesia. Juga pemeliharaan pada GI Petrokimia 150 kV, yang setiap bulannya PLN menyalurkan rata rata sebesar 38.663,57 MWh ke PT Petrokimia Gresik dengan daya terpasang 170 MVA. Sehingga keandalan sistem kelistrikan menjadi perhatian penting bagi PLN, juga sebagai bentuk dukungan PLN terhadap industri untuk pergerakan perekonomian masyarakat,” papar Didik menjelaskan.

Sejalan, disampaikan Manajer UPT Gresik, Jamrotin Armansyah, pemeliharaan tahunan ini merupakan salah satu upaya PLN dalam mendukung kegiatan ekonomi di Kabupaten Gresik dan Sekitarnya. “Melalui pemeliharaan rutin, PLN berupaya agar suplai pasokan listrik ke pelanggan dapat terus andal sebagai langkah pencegahan terhadap potensi gangguan. PLN juga berkomitmen agar keandalan sistem pasokan listrik dapat terus terjaga secara kontinyu dan konsisten,” terangnya. (hjr)

#PLN UID Jatim