Kamis, 25 April 2024

PLN UID Jatim Pastikan Jaringan Listrik Kawasan Semeru Aman

Diunggah pada : 6 Desember 2022 17:19:22 64
Foto : Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan kelistrikan di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru/ Humas PLN UID Jatim

Jatim Newsroom-PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memastikan seluruh pelanggan terdampak erupsi Gunung Semeru, kembali mendapat pasokan listrik secara normal.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran memastikan tidak ada kerusakan berarti dari sisi jaringan kelistrikan PLN akibat erupsi tersebut. "Untuk pergantian tiang roboh, personel PLN masih menunggu izin dari BPBD setempat setelah situasi dinyatakan kondusif," ujarnya Selasa (6/12/2022).

Sementara bantuan dari PLN untuk warga terdampoak erupsi Gunung Semeru diserahkan Lasiran kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq. “Terima kasih atas gerak cepat PLN memulihkan jaringan listrik dan memberikan bantuan," ujar Bupati Thoriqul.

Bantuan dari PLN senilai Rp100 juta itu merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN. banrtuan secara simbolis diserahkan dalam bentuk 50 dus mie instan, 50 karung beras 5 kg, dan 25 dus makanan ringan. BUMN ini juga akan memberikan bantuan tambahan berupa posko kelistrikan, food truck, dan kamar mandi portable di sekitar lokasi pengungsian.

Sebelumnya, PLN melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) juga telah menyalurkan bantuan 690 porsi makanan siap saji, 3000 pcs masker, 70 dus air mineral, 50 karung beras, 10 dus mie instan dan 1 karton minyak goreng. Sementara untuk layanan kesehatan, YBM PLN mengerahkan 2 ambulans, 3 orang tenaga medis di Posko Pengungsian Candipuro, Penanggal, dan Supit Urang.

Bersamaan dengan kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Lasiran melaporkan bahwa kondisi kelistrikan terkini sudah pulih kembali. Hingga Senin (5/12/2022) pukul 12.48 WIB, PLN telah berhasil memulihkan 119 gardu distribusi dari 121 gardu yang terdampak. Sementara pasokan listrik untuk 29.945 pelanggan sudah kembali normal.

“Kami telah menerjunkan 50 personel untuk bergerak cepat memulihkan pasokan listrik ke pelanggan di wilayah yang terdampak. Alhamdulillah seluruh pelanggan yang terdampak pasokan listriknya kembali normal, sisa 2 gardu distribusi yang berada di zona tidak aman namun warganya sudah berada di pengungsian,” ujarnya.

“Kami memastikan pasokan listrik ke seluruh rumah pelanggan, 14 posko-posko pengungsian di Candipuro dan Pronojiwo, serta fasilitas kelistrikan di huntara dan huntap aman. Namun yang paling penting adalah keselamatan warga yang paling utama,” ujar Lasiran.

PLN akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan BPBD Kabupaten Lumajang untuk memenuhi kebutuhan pengungsi di lokasi pengungsian yang menampung para warga terdampak erupsi Gunung Semeru tersebut. (hjr)

#PLN UID Jatim