Jumat, 19 April 2024

PLN Tingkatkan Kapasitas Tegangan Gardu Induk Banaran Kediri

Diunggah pada : 9 November 2022 16:52:12 317

Jatim Newsroom- PLN meningkatkan keandalan penyaluran listrik dalam mendukung kegiatan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Madiun melaksanakan Uprating Trafo pada Interbus Trafo (IBT) 1 150/70 kV GI Banaran, Kediri.

Uprating trafo atau meningkatkan kapasitas trafo bertujuan agar kualitas tegangan listrik yang didapatkan oleh pelanggan lebih optimal. Selain itu, peningkatan kapasitas pada trafo harus dilakukan karena kebutuhan listrik di Daerah Kediri dan sekitarnya yang terus meningkat.

“Tujuan dari kegiatan peningkatan kapasitas penyaluran ini adalah untuk fleksibilitas operasi dan peningkatan keandalan kami dalam melayani kebutuhan kelistrikan di Kota Kediri dan Kabupaten Tulungagung yang semakin berkembang. Sebelumnya trafo tersebut berkapasitas 35 MVA, saat ini menjadi 100 MVA,” jelas General Manager PLN UIT JBM Didik F Dakhlan dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11/2022). 

Didik juga menjelaskan, pekerjaan yang melibatkan 27 personil tersebut dimulai sejak 1 November hingga 3 November 2022 tanpa menyebabkan pemadaman listrik di sisi pelanggan. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan mendukung kegiatan perekonomian masyarakat dengan listrik yang andal”, lanjut Didik.

Di lain kesempatan, Manager UPT Madiun Nur Fajar Fardiansyah Umar, menjelaskan bahwa PLN terus komitmen dalam penyediaan tenaga listrik yang andal kepada seluruh pelanggan guna mendorong kegiatan ekonomi.

“Pemeliharaan material dan peningkatan kualitas sistem kelistrikan merupakan hal yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena, saat ini listrik juga dapat menjadi salah satu faktor penting dalam mewujudkan banyak harapan seluruh masyarakat”, terang Nur Fajar. (hjr)

#PLN UID Jatim