Jumat, 29 Maret 2024

PLN Nusantara Power Raih 18 Penghargaan Subroto Award Kementerian ESDM RI

Diunggah pada : 7 Oktober 2022 15:50:10 254
Penghargaan Subroto Award Kementerian ESDM RI yang dilakukan secara virtual

Jatim Newsroom- PT PLN Nusantara Power (PLN NP) selaku subholding PT PLN (Persero) menerima 18 dalam penghargaan Subroto Award 2022. PLN NP mendapatkan 5 penghargaan kategori Keselamatan Ketenagalistrikan, 2 penghargaan Kategori Manajemen Energi di Industri Pertambangan dan Energi, 10 penghargaan kategori Manajemen Energi sub kategori Inovasi Khusus di Industri dan Gedung, serta 1 penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral.

Penghargaan Subroto Award diadakan sebagai rangkaian peringatan Hari Tambang dan Energi ke 77 di tahun 2022 ini dan kali kelima diadakan oleh Kementerian ESDM sejak tahun 2017. Subroto Award adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada stakeholder Kementerian ESDM dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia. 

Arifin Tasrif, Menteri ESDM menyampaikan pentingnya Subroto Award sebagai wadah untuk membentuk sinergi yang aktif antara stakeholder dan pemerintah dalam memajukan sektor ESDM.

"Melalui Subroto Award kami harapkan seluruh stakeholder yang terlibat dalam sektor ESDM di Indonesia dapat terus meningkatkan kinerjanya agar mencapai net zero emission pada tahun 2060", terang Arifin dalam keterangan resmi  Jumat (7/10/2022).

Net zero emissions atau nol emisi karbon adalah kondisi dimana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi. Untuk mencapainya diperlukan sebuah transisi dari sistem energi yang digunakan sekarang ke sistem energi bersih guna mencapai kondisi seimbang antara aktivitas manusia dengan keseimbangan alam.

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah turut menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini. Dalam menyambut perubahan organisi PLN NP menjadi subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara, penghargaan ini menjadi awal yang positif untuk terus berkontribusi bagi sektor ESDM, khususnya di bidang ketenagalistrikan.

"Di era transisi energi menjadi energi bersih ini, kami PLN Nusantara Power menegaskan komitmen kami dalam bertumbuh kembang bersama lingkungan di unit pembangkit yang kami kelola. Penghargaan ini menjadi momen penting kami untuk terus meningkatkan kontribusi kami kepada energi bersih, rendah emisi, dan ramah lingkungan di Indonesia," terang Ruly. 

Dalam menjalankan proses bisnisnya, PLN NP dikenal sangat konsisten dan berkomitmen dalam menjaga efisiensi energi serta mendorong terwujudnya green energy melalui inovasi co-firing di unit pembangkitnya.  

Adapun unit pembangkit (UP) PLN Nusantara Power yang menerima penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan adalah PLTU Paiton, PLTGU Gresik, PLTA Cirata, PLTU Suge Belitung, PLTA Asahan. Kemudian UP Muara Karang dan UP Gresik juga mendapatkan penghargaan pada Kategori Manajemen Energi sub kategori Industri Pertambangan dan Energi. Serta penghargaan Kategori Manajemen Energi sub kategori Inovasi Khusus di Industri dan Gedung yang diraih oleh UP Paiton, UBJOM Pacitan, UP Muara Tawar, UBJOM Indramayu, UBJOM Rembang, UBJOM Tanjung Awar-Awar, UP Gresik, UP Brantas, UBJOM Tenayan, UP Cirata.

PLN Nusantara Power dan Karya Inovasi Avator juga memperoleh Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2022, penghargaan ini berikan atas dampak kemajuan dalam pembangunan nasional di sektor energi dan sumber daya mineral. (hjr)

#PLN