Sabtu, 20 April 2024

PLN Hemat Rp554 Miliar untuk Perkuat Sistem Kelistrikan di Jawa Timur

Diunggah pada : 14 Juni 2022 16:04:57 125
Petugas PLN UIT JBM memeriksa Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Krian

Jatim Newsroom- Setelah dibangun PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) untuk memperkuat sistem kelistrikan Jawa Timur dan sekitarnya, Interbus Trafo (IBT) 5 yang berlokasi di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Krian, sukses diberikan tegangan (energize) kemarin, Senin (13/6/2022) tepat pukul 00.55 WIB.

Berkapasitas 500/150 kV, IBT 5 Krian nantinya akan mengevakuasi daya dari IBT 1 dan IBT 2. “Pemberian tegangan atau Energize pada IBT 5 di GITET Krian berhasil dilakukan kurang lebih pukul 00.55 WIB. Setelah ini, peremajaan pada IBT 1 dan IBT 2 akan dilakukan secara bergantian, yang bebannya nanti akan ditopang ke IBT 5. Untuk saat ini kami masih melakukan pemantauan 1x24 jam setelah energize pada IBT 5, sebelum dilakukan pembebanan tegangan,” terang General Manager PLN UIT JBM, Didik F Dakhlan dalam keterangan tertulis, Selasa (14/6/2022).

Lebih lanjut dijelaskan Didik, IBT 1 dan IBT 2 sendiri, masing-masing dapat menyalurkan daya sebesar 490 MW dengan tegangan 150 kV. Dalam pendistribusiannya, IBT 1 dan 2 menyuplai energi listrik ke daerah Surabaya, juga Kawasan Industri dan Metropolis di sebagian Surabaya dan Gresik.

“Peremajaan pada IBT 1 dan IBT 2 akan segera dilakukan, agar terhindar dari gangguan yang disebabkan oleh IBT yang kurang optimal. Terlebih, beban di Jawa Timur saat ini terus meningkat dan pelanggan KTT kini sudah mulai beroperasi normal kembali,” lanjut Didik.

Pembangunan IBT 5 ini, diterangkan Didik, telah dilakukan melalui kajian dan perhitungan sistematis sebelumnya, sebagai sebuah solusi yang efektif selama masa peremajaan IBT 1 dan IBT 2 secara bergantian, dan selanjutnya memerlukan pengoperasian pembangkit di Gresik untuk kebutuhan daya sebesar 300 MW atau setara 666 Miliar untuk memastikan agar pasokan listrik tetap aman. 

“Dari hasil perhitungan, PLN telah melakukan penghematan kurang lebih Rp554 miliar dengan pembangunan IBT 5 ini, dengan nilai investasi sebesar Rp112,6 miliar, dibandingkan dengan mengoperasikan pembangkit diesel,” jelas Senior Manager Pengembangan Sistem Transmisi Himmel Sihombing, meneruskan penjelasan Didik.(hjr)

#PLN UID Jatim