Selasa, 29 November 2022

PLN Dukung Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Tlocor

Diunggah pada : 26 September 2022 21:15:18 44
Pengembangan Wisata Bahari Tlocor di Sidoarjo

 

Jatim Newsroom -meningkatkan pemberdayaan ekonomi, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur mendukung pengembangan kawasan melalui program desa tematik.

Melalui program ini kawasan yang memiliki potensi di bidang pertanian maupun perikanan akan diberikan elektrifikasi dan bantuan pemberdayaan untuk menggerakkan roda perekonomian.

Salah satunya yakni Desa Tematik Wisata Bahari Tlocor di Sidoarjo yang diresmikan belum lama ini. 

 Manager PLN UP3 Sidoarjo Mohammad Eryan Saputra, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Djoko Supriyadi, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo, Muhammad Rojik dan Kepala Desa Kedungpandan serta penggiat UMKM Wisata Bahari Tlocor. 

Wisata Bahari Tlocor, merupakan wisata alam dengan pemandangan hamparan pohon bakau di sisi kanan dan kiri sungai.  Terdapat beberapa perahu dan speed boat bersandar pada dermaga yang siap mengantar pengunjung untuk menyusuri sungai hingga mengarah ke pulau Lusi.

PLN memberikan bantuan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), Motor Listrik, Kompor Induksi, dan fasilitas pendukung lainnya.

“Tujuan dari meresmikan Desa Tematik ini adalah untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya dengan menggunakan listrik dalam kegiatan sehari-hari dan diharapkan dengan listrik dapat dimanfaatkan untuk pompanisasi di tambak-tambak sekitar,” Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan,  PLN UID Jawa Timur, Fintje Lumembang dalam keterangan tertulis, Senin (26/9/2022).

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Djoko Supriyadi, menyambut baik program PLN.

“Support PLN untuk Wisata Bahari Tlocor, wisata andalan Sidoarjo ini sangat luar biasa. Harapannya dengan tambahan beberapa fasilitas dapat meningkatkan jumlah pengunjung di wisata ini”, ungkap Djoko Supriyadi.

Dalam kesempatan ini PLN juga melakukan konvoi kendaraan listrik. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan semakin memahami akan penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, tidak menghasilkan polusi serta hemat.

Kades Kedungpandan menyampaikan pengalamannya setelah mencoba kendaraan listrik. “Terimakasih sudah membawa kebahagiaan ke desa kami. Sepeda yang saya coba ini tanpa ada bunyi, suaranya halus dan nyaman,” ungkapnya.

Sebelumnya, PLN telah meresmikan desa tematik Bukit Waung Malang yang menjadi ikon paralayang dan kampung tematik elektrifikasi bahari Widoro Fishing Tour Pasar Banyuputih, Situbondo. Program desa tematik ini nantinya akan menyasar 13 kawasan lain di Jawa Timur. (hjr) 

 

 

#PLN UID Jatim