Jumat, 19 April 2024

PLN Amankan Pasokan Listrik Terdampak Banjir di Wilayah Gresik

Diunggah pada : 22 Februari 2023 18:04:29 46
Foto : Petugas PLN sedang memeriksa gardu distribusi

Jatim Newsroom- Pasca hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Gresik dan jebolnya tanggul sungai, mengakibatkan banjir di beberapa wilayah seperti Mojosarirejo, Driyorejo, dan Menganti. Utamakan keselamatan warga, PLN gerak cepat amankan pasokan listrik di 32 gardu distribusi yang menyuplai 345 pelanggan terdampak.

Manager PLN ULP Menganti, M. Syafi'i menuturkan, pengamanan kelistrikan dilakukan hingga banjir surut dan dinyatakan aman untuk dinyalakan kembali. Tercatat hingga pukul 16.00 WIB, tersisa 10 gardu distribusi yang masih dipadamkan.

"Kami telah melakukan serangkaian upaya penanganan mulai dari pendataan gardu terdampak banjir hingga pengamanan kelistrikannya. Kegiatan ini berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gresik," terang M. Syafi'i.

Tergerak bantu beban warga, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN salurkan bantuan sembako di posko pengungsian. PLN pun akan menyiagakan genset di pengungsian untuk bantu kebutuhan kelistrikannya.

Ketua RW 09, Haryono mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan PLN."Terima kasih atas bantuan logistik yang diberikan, semoga banjir segera surut dan kami bisa beraktivitas seperti sedia kala," jelasnya.

Himbauan kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air:

1. Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB)

2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak

3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman

4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan. (hjr)

#PLN UID Jatim