Sabtu, 22 Juni 2024

Pj Gubernur Buka Rakor Kapasitas Peningkatan Penanganan Darurat Bencana

Diunggah pada : 8 Mei 2024 7:15:23 6
Pj gubernur Jatim, Adhy Karyono bersama Kalaksa BPBD Jatim saat bersama media di Jatim usai Rakor Kapasitas Peningkatan Penanganan Darurat Bencana. (Wahyu)

Jatim Newsroom – Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono membuka kegiatan rakor kapasitas peningkatan penanganan darurat bencana yang diselenggarakan BPBD Jatim bersama media yang diselenggarakan di BatuSuki Kota Batu, Selasa 7 – Rabu 8 Mei 2024. Dimana kegiatan ini bertemakan Peningkatan Kapasitas Media Massa Jawa Timur Dalam Penanggulangan Bencana”.

“Saya Apresisasi kegiatan rakor penanggulangan bencana ini. Karena urusan bencana ini tidak bisa hanya ditangani Pemerintah saja, tapi harus dilakukan secara pentahelix. Diantaranya bersama-sama dengan unsur akademisi, dunia usaha, masyarakat dan media,”kata Pj. Gubernur Adhy, Selasa (7/5/2024) malam

Menurutnya, rakor penangganan darurat bencana bersama rekan-rekan media sangat penting. Dalam setiap bencana apa yang harus dilakukan, secara kelembagaan ada BNPB dan di bawahnya ada BPBD. Tidak dipungkiri potensi bencana di Indonesia ini ada, apalagi di Pulau Jawa.

Di Jatim, lanjut Adhy, ada 14 ancaman bencana, diantaranya seperti bencana gempa, tsunami dan tanah longsor. Menurutnya, yang sulit diatur dalam bencana ini adalah kondisi tidak normal, seperti listrik mati dan air juga mati.

“Media harus bisa melakukan campaign, bantu kami agar dapat terinformasikan dengan baik kepada masyarakat agar masyarakat bisa melihat banyak orang yang memiliki jiwa penolong,"  tuturnya.

Ia menambahkan, persoalan penanggulangan bencana di Indonesia dapat terselesaikan dengan baik, namun manajemen penanggulangannya tidak kunjung selesai, sehingga dirinya berharap manajemen penanggulangan bencana dapat terbentuk.

"Manajemen penanggulangan bencana harus terbentuk dengan menggunakan Incident Command System (ICS), sehingga manajemen dapat tersusun dan langkah selanjutnya yang akan dilakukan dapat tepat sasaran," pungkasnya.  (Pca/hjr)

#BPBD Jatim