Sabtu, 20 Juli 2024

Pj. Bupati Perkuat Seluruh Perangkat untuk Membangun Jombang

Diunggah pada : 12 Juni 2024 12:16:03 29

Jatim Newsroom - Keterlibatan kepala desa, perangkat RT/RW, hingga warga masyarakat dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Jombang menjadi dan bisa terus berkembang. 

Hal ini ditegaskan Pj Bupati Jombang Sugiat, saat bersilaturahmi dengan Camat, Forkopimcam, Kepala Desa, RT/RW se Kecamatan Jogoroto di kediaman Camat Jogoroto.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Jombang, Rabu (12/6/2024), meski hanya satu tahun memimpin Kabupaten Jombang, Pj Bupati yang juga putra daerah asal Dusun Kalongan Desa Japanan Kecamatan Gudo memiliki niat tulus ikhlas membangun daerahnya dengan turun lapangan bertemu masyarakat ,dalam rangka menyerap aspirasi, berdiskusi, sehingga apa yang menjadi program prioritas yang harus diselesaikannya sehingga harapan masyarakat dapat terwujud.

"Saya tidak segan untuk memperkuat koordinasi, kolaborasi dan komunikasi langsung dengan masyarakat untuk membangun Jombang yang lebih baik. Jombang yang sesuai dengan harapan masyarakat yakni memiliki pemimpin yang tegas, bersih, responsif," tegasnya.

Pj Bupati Sugiat yang juga Kepala BIN Daerah Sulawesi Barat ini menegaskan, bahwa pembangunan pedesaan tidak hanya sekadar pembangunan infrastruktur dan ekonomi, tetapi juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas akan mampu mendorong pertumbuhan pedesaan menjadi lebih maju dan sejahtera. Peran serta RT dan RW dalam pembangunan desa sangatlah vital. RT dan RW adalah lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa.

"Panjenengan adalah orang orang yang ada di garda terdepan dimasyarakat. Untuk itu, Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Ketua RT dan RW yang telah memberikan kontribusi besar kepada pemerintah," ungkapnya.

Ia berharap, silaturahmi ini dapat menjadi momentum untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong di kecamatan Jogoroto. Jadikan silaturahmi ini sebagai tonggak awal pembangunan yang diwarnai semangat kegotongroyongan," tutur Pj Bupati Sugiat.

Sebagai bagian dari aparatur pemerintah desa, Ketua RT dan RW juga harus meninggalkan paradigma minta dilayani, tetapi jadilah "Pamong Praja" yang mengabdi, melayani, mengayomi, dan menjadi teladan bagi rakyatnya.

Lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, BPD, LPMD, dan kelembagaan masyarakat desa lainnya untuk menggerakkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa. "Mari kita ciptakan kerukunan dan kebersamaan di lingkungan masing-masing untuk menjaga kondusifitas Kabupaten Jombang" pungkasnya. (van/hjr)

#Jombang #Kabupaten Jombang