Selasa, 23 Juli 2024

PIMNAS 36, Unair Raih Juara 3 Terbaik Nasional

Diunggah pada : 4 Desember 2023 16:04:05 93
Gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 resmi ditutup. Pada gelaran bergengsi yang terselenggara di Universitas Padjadjaran Bandung itu, Kontingen Universitas Airlangga Surabaya berhasil menyabet Juara 3 Nasional.

Jatim Newsroom- Gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 resmi ditutup. Pada gelaran bergengsi yang terselenggara di Universitas Padjadjaran Bandung itu, Kontingen Universitas Airlangga Surabaya berhasil menyabet Juara 3 Nasional.

Tercatat Kontingen Unair meraih pada kategori presentasi meraih empat emas, satu perunggu, dan satu terfavorit. Untuk kategori poster Unair meraih satu perak. Mengenai capaian itu, Direktur Kemahasiswaan Unair Prof Dr M. Hadi Subhan SH MH CN mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur mengenai capaian tersebut. Pasalnya, capaian itu setidaknya diraih oleh hampir setengah dari tim yang berangkat. “Tim kita yang berangkat hanya sembilan, setengahnya mendapatkan medali, dan empat di antaranya adalah medali emas,” ujar Prof Hadi, Senin(4/12/2023).

Guru Besar Fakultas Hukum itu juga menegaskan, meski tim yang berangkat tidak sebanyak kampus lain, raihan Unair di posisi ketiga nasional merupakan bukti kualitas tim yang unggul. Pasalnya, beberapa kampus yang masuk pada lima besar nasional hampir semuanya mengirimkan tim lebih besar dari tim Unair.

“Kita semua tahu, beberapa kampus  yang lolos ke PIMNAS mengirimkan tim sangat banyak, tapi raihan emasnya hanya selisih sedikit dengan Unair. Sekali lagi, ini membuktikan kualitas tim kita sangatlah bagus,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Prof Hadi juga menekankan bahwa capaian juara tiga nasional juga sebagai salah satu pelecut semangat bagi Unair. Hal tersebut, jelasnya, mengingat tahun depan Unair akan menjadi tuan rumah gelaran tahunan mahasiswa terakbar itu. “Prestasi ini akan menjadi pelecut semangat kita semua. Mengingat tahun 2024 nanti, Unair akan menjadi tuan rumah PIMNAS. Dari juara tiga, semoga tahun depan Unair bisa meraih juara umum,” papar Prof Hadi.

Tidak hanya raihan medali emas, Prof Hadi juga mengatakan bahwa pada ajang PIMNAS 36, ada tiga mahasiswa Unair meraih penghargaan sebagai mahasiswa bertalenta. Hal itu jelasnya, diraih atas penilaian pribadi mahasiswa selama proses kompetisi di laga PIMNAS 36. “Prestasi yang membanggakan juga diraih mahasiswa-mahasiswa kita dalam PIMNAS ini. Ada 3 mahasiswa Unair yang mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa bertalenta,” ungkapnya.

Pada akhir, Prof Hadi tidak lupa memberikan pesan kepada semua tim dan seluruh civitas akademika Unair. Ia menekankan bahwa sudah saatnya Unair meraih juara umum. Terlebih setelah 20 tahun lebih tidak menjadi tuan rumah, maka tahun depan adalah momen Unair untuk meraih itu.

“Karena PIMNAS ini adalah kompetisi ilmiah dan ini adalah bagian dari semua civitas akademika, jadi jangan takut untuk terus mengasah kemampuan dan nalar ilmiah kita. Karena ini adalah bagian dari kita,” pungkas Prof Hadi.

Sebagai informasi tambahan, berikut rincian capaian Unair pada gelaran PIMNAS 36 di Universitas Padjadjaran Bandung. 

3 Emas Presentasi PKM-RE

1 Emas Presentasi PKM-K

1 Perunggu Presentasi PKM-PM

1 Perak Poster PKM GFT

1 Favorit PKM-KC

Posisi Unair berada di bawah UGM sebagai juara umum dan IPB sebagai juara dua. Unair berada di atas ITS sebagai juara keempat dan UM sebagai juara kelima. (MC Diskominfo Prov Jatim /hjr-mad)

 

#unair