Senin, 28 November 2022

Peserta Tetirah UPT PPSPA Batu Dibekali Edukasi Kebencanaan

Diunggah pada : 17 Juni 2022 9:10:58 71
UPT PPSPA Batu bekerja sama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu memberikan edukasi kebencanaan bagi para peserta tetirah angkatan VI.

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) Dinas Sosial (Dinsos) Jatim di Batu bekerja sama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu memberikan edukasi kebencanaan bagi para peserta tetirah angkatan VI. 

Program edukasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat sejak dini mengenai potensi dan kemungkinan terjadinya bencana. 

Bertempat di ruang kelas B UPT PPSPA Batu, 50 peserta tetirah angkatan VI yang berasal dari MI Azharul Ulum 03 Pagelaran, Kab. Malang mengikuti dengan baik kegiatan ini. Pasalnya, pengetahuan seperti ini merupakan hal yang relatif baru bagi mereka. 

Melalui edukasi ini, para peserta dapat mengetahui bahwa sebenarnya bencana tidak hanya terjadi karena faktor alam saja. Selain itu, pengetahuan-pengetahuan seperti mencegah terjadinya bencana, pentingnya menjaga lingkungan, dan antisipasi yang harus dilakukan saat terjadi bencana juga diberikan kepada peserta melalui beberapa bertemuan yang terjadwal. 

“Akan ada sesi simulasi penyelamatan diri pada saat terjadi bencana gempa bumi, seperti di mana harus berlindung jika terjadi gempa atau cara memberi tanda dan meminta tolong jika terjadi bencana. Rencananya materi ini akan disampaikan dalam pertemuan berikutnya yang dijadwalkan pada Minggu (19/6/2022),” kata instruktur dari Tagana Kota Batu, Odong Burhanudin.

Sementara, Kepala UPT PPSPA Batu, Pitono, di kantornya, Kamis (17/6/2022) mengungkapkan, dengan pengetahuan-pengetahuan seperti ini pihaknya berharap kewaspadaan terhadap kebencanaan dapat tertanam sejak dini pada peserta tetirah.

“Hal ini akan sangat bermanfaat bagi mereka dan masyarakat sehingga dapat meminimalisir dampak yang terjadi ketika mengalami bencana,” jelasnya.(her/s)

#dinsos