Kamis, 18 Juli 2024

Pertahankan Akreditasi Unggul, Unair Lampaui Seluruh Kriteria

Diunggah pada : 1 Desember 2023 9:11:14 44
Universitas Airlangga Surabaya

Jatim Newsroom – Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, terus mempertahankan rekognisinya di kancah nasional dan internasional. Per tahun 2023 ini, Unair kembali meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan tersebut termaktum dalam surat Nomor 1017/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/XI/2023. 

Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unair Prof Nurul Bazirah SH LLM PhD menerangkan bahwa Unair telah memenuhi semua kriteria penilaian yang telah BAN-PT tetapkan. Capaian tersebut tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi seluruh civitas Unair. 

Unair sebetulnya telah meraih akreditasi unggul dari sejak lama. Akreditasi terbaru itu merupakan konversi dari akreditasi A menjadi Unggul. Kualitas institusi itu tentu sudah tidak diragukan lagi. Semua kriteria akreditasi sudah Unair penuhi, bahkan terlampaui,” ungkapnya, dalam rilis Unair, Jumat (1/12/2023).

Dosen Fakultas Hukum (FH) itu mengatakan Unair berkomitmen dan berupaya sungguh untuk memenuhi dan melampaui seluruh kriteria penilaian akreditasi yang telah BAN-PT berlakukan. Dalam hal ini, terdapat 7 kriteria penilaian akreditasi untuk perguruan tinggi yaitu sebagai berikut.

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi; Tata Tamong, Tata Kelola dan Kerja Sama; Mahasiswa, Sumber Daya Manusia; Keuangan, Sarana dan Prasarana; Pendidikan; Penelitian, Pengabdian Masyarakat; dan terakhir yaitu Luaran dan Capaian Tridharma. 

Ia menuturkan Unair terus berusaha untuk mempertahankan semua capaian kriteria tersebut dengan berbagai macam program dan inovasi. Mulai dari mendorong mahasiswa untuk berprestasi, meningkatkan sarana dan prasarana agar memenuhi standar kualitas dan kuantitas, memaksimalkan Tridharma perguruan tinggi, dan masih banyak lagi. 

Lebih lanjut, guru besar bidang Hukum Internasional itu menegaskan bahwa akreditasi ini merupakan tanggung jawab Unair terhadap seluruh stakeholders. Melalui rekognisi ini, masyarakat akan percaya bahwa Unair adalah salah satu perguruan tinggi berkualitas di Indonesia.

“Selain itu, rekognisi ini juga akan memberikan dampak positif lain. Peminat Unair akan bertambah banyak dan kompetitif. Selain itu, tawaran kerja sama juga akan makin banyak baik itu dari pihak industri ataupun pihak lainnya,” ujar Prof Nurul.  

Terakhir, akademisi Board of Governors International Association of Law School (IALS) itu berharap akreditasi Unair tidak hanya terbatas pada skala nasional, tetapi juga skala internasional. Unair akan terus berupaya untuk menambah rekognisi global melalui lembaga-lembaga akreditasi ternama di dunia. 

Sebagai informasi, saat ini UNAIR telah berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari 6 institusi ternama. Mereka adalah ASIIN, AUN-QA, ABEST21, ASIC, FIBAA, dan APHEA. 

“Unair sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia telah menjadi pionir dalam pengembangan pendidikan. Unair juga telah memberikan dampak signifikan baik secara lokal maupun global. Saya harap masyarakat dunia bisa merekognisi eksistensi UNAIR sebagai kampus yang sejajar dengan kampus-kampus ternama di dunia,” pungkasnya. (Mad/hjr)

#unair