Rabu, 24 April 2024

Persiapan Lomba PTQ, Pemprov Jatim-UPT RSBN Malang Dinsos Jatim Gelar Seleksi Tahfiz

Diunggah pada : 27 Februari 2023 20:06:03 42
Persiapan Lomba PTQ, UPT RSBN Malang Dinsos Jatim Gelar Seleksi Tahfiz

Jatim Newsroom - Jelang Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) RRI Malang, Pemerintah Provinsi melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim bersama pengurus takmir masjid An-Nur RSBN mengadakan kegiatan seleksi peserta lomba tahfiz melalui tes baca hafalan Alquran, Senin (27/2/2023).

Dari beberapa penerima manfaat (PM) disabilitas netra (distra) yang mengikuti seleksi, diperoleh lima PM yang sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan panitia PTQ. Selanjutnya, mereka mendapatkan pelatihan dari para pendamping, Hasbullah dan Fajar, baik dalam tajwid maupun makhorijul huruf.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk mengasah potensi dan mampu menambah khazanah keilmuan dan kepercayaan diri klien dalam mengaktualisasikan segala potensi diri, khususnya dalam melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, mengatakan, selain sebagai persiapan PTQ RRI Malang yang akan diselenggarakan pada 23 Maret 2023 mendatang, kegiatan ini juga sebagai wadah pengembangan kemampuan menghafal Alquran sehingga melahirkan PM distra sebagai generasi Qur’ani yang memiliki kecerdasan spiritual, kematangan akhlak, dan menjadi bekal hidup untuk mencapai keberhasilan, kebahagiaan, dan kemaslahatan di mana pun PM distra berada.

"Dengan kegiatan program keagamaan yang telah dirumuskan dan dilaksanakan oleh RSBN Malang diharapkan akan mampu menjadi sentral pembelajaran bagi seluruh PM distra dengan berbasis keterampilan dan pengembangan potensi, khususnya dalam membaca dan menulis Alquran melalui metode Arab Braille, serta menjadi insan yang dicintai Allah SWT dan Rasul-Nya," ujarnya. (her/s)

#dinsos jatim