Kamis, 18 April 2024

Perlu ada Aturan Turunan UU yang Khusus Mengatur Supporter Olahraga

Diunggah pada : 18 Oktober 2022 14:23:22 81
Koordinator Supporter Indonesia, Ignatius Indro dalam Sarasehan Ilmu Keolahragaan bertajuk “Damailah Sepak Bola Indonesia” di Kampus UNESA, Selasa (18/10/2022).

Jatim Newsroom – Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar sarasehan Ilmu Keolahragaan bertajuk “Damailah Sepak Bola Indonesia” di Kampus UNESA, Selasa (18/10/2022). Salah satu narasumber yang hadir adalah Koordinator Supporter Indonesia, Ignatius Indro. 

“70 persen masyarakat Indonesia menyukai sepak bola. Saya menyadari fans atau supporter olahraga terutama sepak bola di Indonesia itu salah satu yang paling fanatik di dunia. Saya juga meyakini bahwa sepak bola bisa menjadi alat pemersatu bangsa,” kata Ignatius mengawali paparannya. 

Pihaknya terus memperjuangkan untuk memanusiakan supporter, salah satunya adalah dengan cara membentuk payung hukum yang mampu memberi perlindungan, rasa aman, dan nyaman kepada para supporter. Akhirnya di UU 11/2022 ada pasal yang mengatur tentang supporter, bukan hanya penonton. 

“Kami juga berharap ada peraturan turunan yang mengatur khusus tentang supporter, yang juga bisa memaksa seluruh stakeholder serta perusahaan-perusahaan yang selama ini mengambil keuntungan dari sepak bola untuk bisa memberikan edukasi supporter. Kita tidak bisa hanya berhenti di klub atau komunitas. Kita tidak ingin ada rivalitas yang berujung kekerasan,” lanjutnya. 

Hadir secara daring maupun luring antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali; Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Nurhasan; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur, Pulung Chausar; Sosiolog Universitas Indonesia, Imam B Prasodjo; Tokoh Pendidikan Karakter UNESA, Muchlas Samani; Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jatim, Ahmad Riyadh; Perwakilan Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia, Agus Kristiyanto. (idc/n)

#olahraga #sepak bola #supporter