Jumat, 29 Maret 2024

Peringati HUT ke – 23, DWP Diskominfo Jatim Gelar Potong Tumpeng

Diunggah pada : 19 Desember 2022 13:02:05 151
Plt. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Hudiyono (paling kiri) saat sesi doa sebelum pemotongan tumpeng pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Diskominfo Jatim di R. Anjasmoro, Lt. 4 Kantor Diskominfo Jatim Surabaya, Senin (19/12/2022). Foto : Rafly/JNR

Jatim Newsroom – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menggelar acara potong tumpeng di R. Anjasmoro, Lt. 4 Kantor Diskominfo Jatim Surabaya, Senin (19/12/2022). HUT DWP ke – 23 kali ini bertema ‘Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital’.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Hudiyono. Ketua DWP Diskominfo Jatim, Muzayyiningsih. Wakil Ketua DWP Diskominfo Jatim, Nirmala Dewi. Sekretaris Diskominfo Jatim, Edi Supaji. Serta seluruh pengurus dan anggota Dharma Wanita Diskominfo Jatim lainnya.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kominfo Jatim, Hudiyono, mengucapkan selamat hari ulang tahun ke – 23 kepada DWP Diskominfo Jatim. Ia menyampaikan, bahwa DWP Diskominfo Jatim itu sukses mendukung pekerjaan suami yang bekerja di Diskominfo Jatim, sehingga Dinas Kominfo Jatim ini semakin sukses.

“Kesuksesan itu juga diiringi dengan sukses dalam program, ini saya terima kasih kepada Dharma Wanita. Ternyata suksesnya Kominfo itu tergantung dari ibu negaranya masing – masing. Itu namanya sukses bersama, dan Alhamdulillah sukses bersama ini, ditandai dengan Dinas Kominfo  adalah dinas satu - satunya yang mempunyai digital OPD,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Hudiyono, bahwa Diskominfo Jatim ini adalah satu – satunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) paling banyak. “Kita sudah punya 700 UPT,”kata Hudiyono.

Hudiyono mengungkapkan, banyak penghargaan yang diraih Diskominfo Jatim tahun ini, tidak lepas dari berkat dukungan perempuan para istri atau anggota DWP Diskominfo Jatim. “Berangkat dari kontribusi tersebut maka tema HUT Dharma Wanita Persatuan tahun ini dirasa sangat relevan dan cocok, yakni membangun perempuan cerdas untuk memperkuat ketahanan keluarga di era digital,” terangnya.

Menurut Hudiyono, sekarang di Media Sosial (Medsos) seakan – akan setiap orang bisa menjadi wartawan bagi diri mereka sendiri. Fenomena itu mengakibatkan hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti banyak tersebarnya berita hoax. Hudiyono menilai, akses digital yang tinggi ini belum diimbangi dengan literasi digital.

“Ini tugas Dharma Wanita, yakni memberikan literasi digital yang tinggi pula khususnya kepada Dharma Wanita se – Jawa Timur maupun se – Kabupaten kota,”tegasnya.

Hudiyono menerangkan, peran utama perempuan dalam konteks membangun ketahanan keluarga di era digital, bahwa perempuan yang cerdas akan menjaga keluarganya dari pengaruh buruk informasi maupun hoax. Selain itu, Hudiyono juga menjelaskan, ada tugas lain bagi DWP dan Diskominfo Jatim terkait dengan sosialisasi peralihan televisi analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).

“Ada tugas lagi bagi Dharma Wanita dan Diskominfo Jatim, bahwa agar terus menyosialisasikan ASO atau Analog Switch Off kepada masyarakat, yang artinya TV yang analog itu diganti dengan TV digital,”terangnya.

Di akhir sambutannya, Hudiyono berpesan perempuan yang memiliki tingkat literasi digital yang baik akan menjadi pelindung utama keluarganya dari dampak buruk era digital, sekaligus mampu menjadi motor utama keluarga memanfaatkan fitur – fitur teknologi informasi untuk aktivitas yang positif.

“Semoga niat baik kita ini untuk meningkatkan kemampuan perempuan dalam literasi digital khususnya untuk memperkuat pertahanan keluarga di era digital diridhoi Allah SWT,”pungkasnya.

Usai memberikan sambutannya, Hudiyono beserta seluruh anggota DWP Diskominfo Jatim yang hadir melakukan pemotongan tumpeng untuk memperingati HUT ke – 23 Dharma Wanita Persatuan. (vin/s)

#Diskominfo Jatim #Dharma wanita persatuan prov jatim #DWP