Jumat, 29 Maret 2024

Peringati Harkitnas 2023, Gubernur Jatim Ziarah ke Makam Dr. Soetomo

Diunggah pada : 22 Mei 2023 16:40:26 88
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat foto bersama keluarga Dr. Soetomo, di makam Dr. Soetomo, Jl. Bubutan, Surabaya, Senin (22/5/2023). Foto : Ghufron / JNR

Jatim Newsroom – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2023, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berziarah ke makam pahlawan nasional Dr. Soetomo, yang berada di Jalan Bubutan, Surabaya, Senin (22/5/2023) siang.

Ziarah dilakukan sebagai pengingat bahwa Harkitnas muncul dari lahirnya organisasi Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Soetomo bersama rekan-rekannya pada 20 Mei 1908. Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama di Indonesia yang bertujuan untuk memajukan kehidupan bangsa Indonesia.

Ziarah diawali dengan kegiatan upacara penghormatan kepada Dr. Soetomo, kemudian peletakan karangan bunga dan penaburan bunga oleh Gubernur Khofifah diikuti Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Kegiatan ini juga diikuti dan dihadiri oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan keluarga Dr. Soetomo.

Usai kegiatan, Gubernur Khofifah mengatakan pada peringatan Harkitnas 2023 ini, Ia menggarisbawahi soal berdirinya organisasi Budi Utomo yang diinisiasi Dr. Wahidin Sudirohusodo dan didirikan oleh Dr. Seotomo.

“Pada peringatan Harkitnas ini, justru yang saya underline itu soal Budi Utomo-nya, basis dari kebangkitan berbagai kehidupan, kebangsaan, ke-Indonesiaan pra dan pasca kemerdekaan, dan mengisi kemerdekaan semua sektor itu diingatkanlah kita pada 20 Mei di setiap tahunnya pada hari Kebangkitan Nasional memperingati lahirnya Budi Utomo,” jelasnya.

Menurut Khofifah, organisasi Budi Utomo itu mengingatkan seluruh pihak agar selalu menjadikan laku budi baik yang utamanya akhlakul karimah sebagai pondasi atau dasar dari berbagai sektor pembangunan.

“Budi Utomo itu adalah laku baik, laku utama, laku terpuji ataupun akhlakul karimah, yang mengingatkan kita semua supaya menjadikan hal tersebut sebagai pondasi dan ruh berbagai sektor pembangunan agar mengupayakannya menjadi basis seluruh pergerakan kita,” tukasnya.

Oleh karena itu, dalam mengupayakan akhlakul karimah menjadi basis dari seluruh pergerakan tersebut, Khofifah mengingatkan seluruh pihak agar berhenti menyebarkan berita palsu dan ujaran kebencian di sosial media apalagi perubahan besar di era ini mengarah ke dunia digital.

“Saya mengingatkan kepada kita semua sudahlah hentikan hoax, hate speech, dan jangan maki-maki di sosial media. Kalau masih ada yang melakukannya, ayo bangkit, hilangkan itu. Untuk transformasi digital, mari kita ambil baik dan positifnya saja, yang kurang baik dan kurang positif ayo ditinggalkan. Agar kebangkitan didasari dengan laku baik, laku utama dan akhlakul karimah. Itulah yang sesungguhnya diinisiasi oleh Dr. Soetomo,” imbau Khofifah.

Sementara itu, salah satu keluarga Dr. Soetomo yang hadir, yakni seorang keponakan Dr. Soetomo bernama Habimono mengatakan pihaknya ingin memberi semangat kepada generasi muda agar tidak melupakan sejarah bangsa.

“Dokter Soetomo itu mempunyai tujuh saudara, dan ibu saya adalah anak yang ke tujuh. Adik-adiknya Dokter Soetomo adalah Dokter Soesilo, Dokter Soeratmo, Bu Sriyati, Bu Sriwulan, Bu Srimiati, dan ke tujuh Bu Siti Sundari itu ibu saya. Saya mau memberi semangat kepada yang muda-muda ini perjuangannya Dokter Soetomo, supaya tidak melupakan sejarahnya dan ziarah ke makam pahlawan,” tutur Habimono.

Habimono juga menyampaikan, pihaknya menghargai Gubernur Khofifah yang tidak pernah absen ziarah ke makam Dr. Soetomo setiap tahun bahkan selama pandemi Covid-19. “Saya menghargai Bu Khofifah yang setiap tahun hadir, bahkan selama Covid pun beliau juga menyempatkan untuk berziarah ke makam Dokter Soetomo,” pungkasnya. (vin/s)

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur #gubernur jatim #harkitnas #harkitnas2023