Jumat, 2 Desember 2022

Peringati Hari Pramuka ke-61, Kwarcab Probolinggo Gelar Apel

Diunggah pada : 26 September 2022 18:37:03 45
Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko

Jatim Newsroom - Memperingati hari Pramuka ke-61, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar apel di Alun-alun Kota Kraksaan, Senin (26/9/2022), dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, Timbul Prihanjoko, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan selamat Hari Pramuka ke-61 tahun 2022. Meskipun pelaksanaannya tidak tepat pada tanggal 14 Agustus, tetapi tidak mengurangi rasa khidmat dan darma bakti sebagai anggota pramuka.

“Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada kakak-kakak dan adik-adik yang telah ikut berpartisipasi pada berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka, mulai dari tingkat nasional hingga ranting,” katanya.

Menurut Kak Timbul, bersamaan dengan Hari Pramuka tanggal 14 Agustus yang lalu, Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo mengirimkan utusan sebagai peserta Jambore Nasional di Cibubur Jakarta dan Apel Hari Pramuka di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, tepatnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Bulan Juli yang lalu, kita melaksanakan Lomba Tingkat (LT-III) Regu Penggalang tingkat cabang, dilaksanakan di Bumi Perkemahan Lumbang. Selanjutnya pada bulan Nopember 2022, Kwartir Cabang Probolinggo akan mengirimkan regu penggalang berprestasi tinggi dari gugus depan pangkalan SMPN 1 Gending (regu putra) dan MTs Walisongo 3 Banyuanyar (regu putri) menuju Lomba Tingkat (LT-IV) Jawa Timur di Cobanrondo Kabupaten Malang,” jelasnya.

Kak Timbul mengharapkan semoga adik-adik yang akan dikirim bisa membawa nama baik Kwarcab Probolinggo dan meraih prestasi terbaik sehingga dapat berkiprah di tingkat Jawa Timur hingga tingkat nasional menuju LT-V.

“Bulan lalu kita telah melaksanakan aksi Pramuka Peduli bersama anggota Forkompimda, Forkopimka, Pemerintah Desa, Tagana dan masyarakat di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura dengan membuat saluran mata air untuk dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya, karena bila kita peduli kepada alam, maka alam menjaga kita,” terangnya.

Lebih lanjut Kak Timbul menyampaikan informasi awal bahwa akan ada sejumlah kegiatan cabang, daerah dan nasional yang dilaksanakan tahun ini. Di antaranya Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD), pesta siaga, revitalisasi Kwartir Ranting, gudep unggul dan kemah 1.000 santri yang akan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Perkemahan Saka Bhayangkara (Pertikara) di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Saka (Peran Saka) tingkat nasional di Bangka Belitung dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kwartir ranting, gugus depan dan simpatisan gerakan pramuka atas dukungan penuh dalam rangka pengumpulan koran/kertas dan karton bekas untuk pembangunan Gedung Kwarcab tahap II tahun 2022,” tegasnya.

Apel Hari Pramuka ke-61 yang diikuti oleh para anggota Pramuka dan pengurus Kwartir Ranting se-Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, DKC dan BP-1313.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan Tari Kiprah Glipang yang dibawakan oleh anggota pramuka gabungan pangkalan sekolah dasar se-wilayah Kwartir Ranting Kraksaan dan kolaborasi ketrampilan teknik kepramukaan Dance Semaphore Morse oleh pasukan elit revolusi penggalang SMPN 1 Kraksaan. Serta polisi cilik Polres Probolinggo SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penganugerahan tanda pramuka Pramuka kepada 2 orang pramuka pandega Garuda, 2 orang pramuka penegak Garuda, 2 orang pramuka penggalang Garuda dan 2 orang pramuka siaga Garuda.

Selanjutnya penghargaan kepada perwakilan penerima tanda ikut serta Jambore Nasional 2022 di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta, perwakilan penerima tanda penghargaan Pramuka Peduli Pembangunan Gedung Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo serta tanda penghargaan juara LT.III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo.

Kegiatan ini diakhiri dengan penampilan PBB dance performance oleh anggota Penegak Bantara SMAN 1 Paiton dan kolaborasi atraksi kreasi pioneering jembatan oleh pramuka gugus depan Pondok Pesantren Al Mashduqiah Kraksaan. Serta penanaman bibit tanaman Tabebuya di sisi selatan Alun-alun Kraksaan.(ern)

#kabupaten probolinggo