Kamis, 25 April 2024

Peringati Hari Ibu, Diskop-UKM Jatim Adakan Seminar Pola Asuh Anak

Diunggah pada : 28 Desember 2022 13:23:42 49
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Diskop-UKM Jatim menggelar seminar parenting atau pola asuh orang tua terhadap anak, Selasa (27/12/2022) di kantor Diskop-UKM Jatim. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung responsif gender, memperingati Hari Ibu ke-94, serta Hari Ulang Tahun DWP ke-23. 

Ketua DWP Diskop-UKM Jatim, Wulan Andrio Himawan menyampaikan, saat ini pola pengasuhan anak sangat berbeda dari 10 tahun lalu karena ada perkembangan keterbukaan teknologi informasi. 

“Modernisasi memberikan corak interaksi yang berbeda antara anak dan orang tua pada masa sebelumnya. Pola mendidik anak atau parenting tentunya tidak lagi bisa disamakan. Pola asuh lama dirasakan tidak cukup efektif untuk diterapkan di era sekarang yang sudah banyak berbeda,” lanjutnya seperti dilansir di laman resmi Diskop-UKM Jatim. 

Wulan pun menyampaikan harapan, “Semoga seminar hari ini dapat menambah pengetahuan kita tentang pola pengasuhan anak. Selain itu, dapat diimplementasikan langsung di lingkungan terkecil kita, yaitu keluarga dan di masyarakat pada umumnya.” 

Dalam seminar ini, Tania Nurmalita, Pengurus DWP Diskop-UKM Jatim hadir sebagai narasumber dan menyampaikan materi bertema “Mendidik Anak dengan Cinta, Kasih dan Ilmu”.

Salah satu pesan yang disampaikan adalah adanya Miskonsepsi Parenting yang sering ditemui. Pertama, tentang berkata tidak. Beberapa hal justru harus dengan tegas dilarang dan yang bisa dilakukan adalah memberikan alternatif.

Kedua, regulasi emosi yang tertahan, meminta anak untuk tidak menangis, tidak mengungkapkan perasaan, tidak memilih media yang digunakan untuk pengalihan emosi, dapat membuat emosi semakin meluap di kemudian hari.

Ketiga, hanya Intellectual Quotient (IQ) yang menjadi prioritas atau aspek utama di Indonesia. Padahal dalam penerapan di dunia nyata, Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) sering menjadi aspek dominan yang dibutuhkan ketika harus berinteraksi dengan masyarakat. 

Adapun Ketua Seksi Pendidikan DWP Diskop-UKM Jatim, Wiwik Arif Lukman Hakim menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri pengurus, anggota DWP serta perwakilan karyawan/karyawati di Sekretariat dan Bidang di Diskop-UKM Jatim. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #parenting #pola asuh