Sabtu, 20 April 2024

Peringati Hari Air Sedunia, Pemkot Mojokerto Bakal Gelar Mojotirto Festival

Diunggah pada : 17 Maret 2023 13:03:02 46
Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kota Mojokerto akan kembali menggelar Mojotirto Festival pada 20-21 Maret 2023. Agenda tahunan dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia ini akan kembali digelar di kawasan Sungai Ngotok Jembatan Rejoto, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Kepastian tersebut dikatakan oleh sutradara Mojotirto, Prastowo. 

Terdapat berbagai rangkaian kegiatan dalam festival tersebut. Pada hari pertama ada kirab budaya, persembahan tari tradisional, upacara umbul donga tirta amerta, serta pertunjukan barongsai dan bantengan.

"Untuk hari kedua ada lapak tempoe doeloe, teatrikal bumi, geni, banyu, angin, serta campur sari,” ujar sosok yang juga anggota Dewan Kebudayaan Daerah itu sebagaimana dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. 

Mojotirto Festival merupakan wujud rasa syukur warga Kota Mojokerto kepada Tuhan melalui sebuah prosesi yang dikemas seni budaya tradisi yakni Umbul Donga Tirta Amerta.

Ia menjelaskan, Umbul artinya memanjatkan, Donga artinya doa, Tirta artinya air, dan Amerta artinya kehidupan. “Secara lengkap bermakna memanjatkan doa bersama atas karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan simbol air yang merupakan salah satu unsur alam yang melingkupi kehidupan manusia yaitu Bumi, Geni, Banyu, dan Angin," terang Prastowo.

Pada prosesi Umbul Dungo Tirta Amerta, dilakukan pelarungan air dari 7 sumber air penghidupan, di antaranya sumber air Jolotundho, Sumur Upas Candi Kedaton, Situs Damarwulan, Situs Sitinggil, Sakti Gajahmada Jatirejo, Situs Tribuana Tunggadewi Klinterejo, dan sumber air Sumur Towo Kubur Panjang. (idc/n)

#Kota Mojokerto #Mojotirto Festival