Kamis, 25 April 2024

Peringati Dies Natalis, Universitas dr Soebandi Jember Gelar Donor Darah Sukarela

Diunggah pada : 29 Juni 2022 17:12:37 75
KSR PMI Unit dr Soebandi saat menggelar kegiatan donor darah sukarela

Jatim Newsroom -  Dalam rangka peringatan Dies Natalis Universitas dr Soebandi Jember, Korps Sukarela Relawan (KSR) PMI menggelar kegiatan kegiatan donor darah sukarela pada Rabu, (29/06/22). Tujuan kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan semangat  relawan di lingkungan  kampus-kampus di Kabupaten Jember.

Hasil dari kegiatan donor darah yang digelar KSR Unit PMI dr Soebandi relah menyumbangkan sejumlah 27 kantong darah ke PMI Kabupaten Jember. Rinciannya adalah golongan darah (Golda) A : 4, Golda B : 9, Golda AB : 3, Golda O : 11. Total pendonor sejumlah 57 orang relawan  dan 30 relawan pendonor yang tidak lolos uji screening,

“Banyak relawan pendonor yang tidak lolos uji screening karena tensinya terlalu tinggi atau rendah. HB-nya terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ada juga karena berat badan yang tidak memenuhi standar untuk donor darah,` ujar  Firdaus Amalia Ilmi, ketua KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi.

Sedangkan sumbangan 27 kantong darah dapat digunakan  menambah stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember, sehingga apabila ada pasien yang sewaktu-waktu membutuhkan darah untuk transfusi darah stok masih ada di ruang penyimpan di UDD PMI Kabupaten Jember.

“Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Dies Natalis Universitas dr. Soebandi. Relawan pendonor kebanyakan dari mahasiswa, sebagian karyawan,” kata Firdausi Amalia Ilmi, ketua KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi.

Menurut dia, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Dies Natalis Universitas dr. Soebandi. “ Selain itu kegiatan donor ini juga merupakan wujud Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) dari anggota KSR PMI Unit dr. Soebandi yang telah melaksanakan DIKSAR KSR PMI sejak 17 Maret 2022 lalu,” imbuhnya.

Ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki mengucapkan banyak terima kasih kepada para relawan yang ikut donor darah yang diselenggarakan KSR PMI Unit dr Soebandi.

“Tentu kami ucapkan banyak terima kasih, tidak hanya sumbangan darahnya saja tetapi juga giat sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran donor darah di kampus-kampus, dalam hal ini di Universitas dr Soebandi,” ujarnya. (aud/s)

#pmi