Kamis, 25 April 2024

Peringatan Hari Lahir Pancasila, ASN Ponorogo Upacara Kenakan Busana Wwarok dan Kkebaya

Diunggah pada : 1 Juni 2023 17:39:26 31
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko membacakan amanat Presiden Jokowi saat upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Pendopo Agung, Kamis (1/6/2023)

Jatim Newsroom - Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni.  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Pendopo Agung, Kamis (1/6/2023). Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko. Upacara diikuti oleh Aparatul Sipil Negara (ASN) yang ada di seluruh satuan kerja Pemkab Ponorogo dengan mengenakan busana warok dan kebaya.

Dalam instruksinya, Bupati Sugiri sancoko membacakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo. Ia memgatakan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara. 

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," kata Kang Bupati saat membacakan amanat Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional. Maka dari itu sudah selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila. Sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa. Pancasila memiliki legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural," lanjutnya.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, kerjasama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivisme, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf. Hirta Juni Ardiasyah, Wakapolres Kompol Verawaty, S.I.K, serta jajaran Forkopimda lainnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo