Senin, 22 Juli 2024

Peringatan Hari Air Dunia ke- 31, Dinas PU SDA Jatim Tanam 3.150 Bibit Pohon di Seluruh Kabupaten Kota

Diunggah pada : 21 Maret 2023 17:39:47 95
Foto : Kepala Dinas PU SDA Jatim, Baju Trihaksoro beserta jajaran usai malakukan penanaman bibit pohon di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, Selasa (21/3/2023)/ Ghufron

Jatim Newsroom – Memperingati Hari Air Dunia ke-31,  Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air ( PU SDA) Provinsi Jawa Timur, menggelar penanaman bibit pohon serentak diseluruh kabupaten/kota.

Kepala Dinas PU SDA Jatim, Baju Trihaksoro mengatakan, selain menanam bibit pohon, pihaknya juga menyebar 7.500 bibit ikan nila di Kalijompo Kabupaten Jember sebagai lokasi puncak Peringatan Hari Air Dunia Jawa Timur “Diharapkan ke depan kita bisa melihat Kalijompo menjadi salah satu sungai yang memiliki tingkat konsentrasi alam dan keseimbangan ekosistem yang lebih baik,” kata Baju Trihaksono saat Peringatan Hari Air Dunia ke - 31 di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, Selasa (21/3/2023).

Menurutnya, Gubernur Jatim beserta jajaran terus berupaya mengembalikan kelestarian kawasan hulu dan hilir sungai sebagai langkah observasi lingkungan. “Dibanyak kegiatan, ibu gubernur, melakukan penanaman pohon, bahkan bukan hanya di hulu saja tapi juga di kawasan hilir sungai dengan penanaman pohon mangrov dan bakau,” ungkapnya.    

Lebih lanjut dikatakannya, peningkatan persentase lahan kritis dari tahun ke tahun menurut global forest watch, Indonesia telah kehilangan 9,7 hektar di hutan primer atau sekitar 36% dari tutupan hutan selama periode 2002 sampai dengan 2020, yang salah satu penyebabnya adalah alih fungsi lahan dan tingginya tingkat keripisan lahan di daerah hulu atau pegunungan yang menyebabkan fungsi hutan sebagai daerah tangkapan air menurun. Sedangkan pada daerah hillir menyebabkan infiltrasi yang rendah, sehingga menyebabkan banjir.

Salah satu upaya untuk konservasi lahan adalah penanaman pohon, yang berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. “Manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan eluruh makhluk hidup, juga berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor saat musim hujan serta menahan laju air dan erosi, selain fungsi konservasi, penanaman pohon juga diharapkan dapat mendukung upaya ketahanan pangan, terutama untuk pohon yang memproduksi buah-buahan untuk konsumsi masyarakat," jelasnya (hjr)

 

 

#pemprov jatim #gubernur khofifah #Hari Air Dunia #Dinas PU SDA Jatim