Kamis, 28 Maret 2024

Perhutani KPH Parengan Laksanakan Penanaman Bersama Masyarakat

Diunggah pada : 28 November 2022 20:04:37 133

Jatim Newsroom - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan, Kabupaten Tuban melakukan penanaman bersama stakeholders dan sosialisasi pemanfaatan hutan lindung di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) petak 10a-4 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ngawun, wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Parengan Utara, Minggu (27/11/2022).

Administratur Perhutani KPH, Parengan Slamet Juwanto mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud ikhtiar Perhutani dalam menjaga kelestarian hutan guna mewujudkan masyarakat sejahtera, dengan melaksanakan penanaman bersama, dan tetap menjaga kawasan perlindungan yang dikolaborasikan dengan tanaman buah di samping fokus utama, tanaman berkayu di hutan produksi,” katanya.

“Secara keseluruhan KPH Parengan tahun 2022  telah melaksanakan penanaman di kawasan hutan seluas 1,511,03 ha dengan jumlah bibit 306,910 plances dengan perincian bibit jati sebanyak 222,641 plances, dan sisanya merupakan tanaman jenis Multi Purpose Tree Species (MPTS) seperti johar, sengon, trembesi, juwet, srikaya, nangka sebanyak 84.269 plances,” terang Slamet Juwanto.

Sementara itu, Imam Sutiono Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban menyampaikan, kegiatan ini sebagai wujud perhatian Perhutani dalam menjaga kelestarian hutan guna mencegah terjadinya ancaman bencana alam akibat kerusakan hutan, katanya.

“DPRD Kabupaten Tuban siap mendukung setiap kebijakan yang dilahirkan Perum Perhutani dalam mengelola kawasan hutan guna masyarakat sejahtera,” katanya.

Terpisah Suwarsono Camat Parengan mengatakan, terima kasih kepada Perhutani khususnya KPH Parengan yang telah perhatian terhadap kelestarian kawasan hutan dengan menyumbangkan oksigen, mencegah terjadinya erosi, dan banjir khususnya di wilayah hilir, tutupnya. (jal/hjr)

#perhutani