Senin, 15 Juli 2024

Rayakan Hari Lingkungan Hidup

Perhutani KPH Malang Gelar Reforestasi

Diunggah pada : 12 Juni 2024 19:22:01 39

Jatim Newsroom - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang menggelar kegiatan reforestasi besar-besaran dengan menanam 200 bibit pohon aneka jenis. Kegiatan ini berlangsung di Candi Sumberawan, Malang.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai instansi terkait, antara lain Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Cabang Dinas Kehutanan Malang, perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat setempat.

Wakil Kepala Perhutani KPH Malang Timur, Bambang Ribudiono, dalam keterangannya, Rabu (12/6/2024) menyampaikan pentingnya kolaborasi dalam menjaga lingkungan. "Melestarikan hutan dan lingkungan bukan hanya tugas instansi saja, tetapi juga tugas kita semua," ujarnya.

Direktur Utama Jasa Tirta, Fahmi Hidayat, mengapresiasi partisipasi aktif seluruh pihak dalam kegiatan reforestasi ini. "Kegiatan ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan," katanya.

Kepala Desa Toyomarto, Suminto, juga mengungkapkan dukungannya. "Reforestasi ini sangat penting untuk menjaga kelestarian sumber mata air di wilayah kami," ucapnya.

Jenis pohon yang ditanam dalam reforestasi ini antara lain sukun, gmelina, alpukat, nangka, srikaya boldi, dan sirsat. Penanaman dilakukan di lahan hutan yang telah disiapkan oleh Perhutani.

Kegiatan reforestasi ini merupakan wujud kepedulian Perhutani KPH Malang terhadap lingkungan hidup. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam untuk generasi mendatang. (jal/hjr)

#perhutani