Kamis, 6 Oktober 2022

Perhutani - BPBD Magetan Bersinergi Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Diunggah pada : 25 Juli 2022 12:26:20 100
Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan.

Jatim Newsroom- Mengantisipasi  terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla) serta melakukan pengendaliannya, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan.

Wakil Administratur Perhutani KPH Lawu Ds, Yudiono mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi yang Forkopimcam se Kabupaten Magetan, TNI/Polri, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan BPBD Kabupaten Magetan bertempat di Kecamatan Lembeyan pada, Jumat (22/7/2022).

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan sosialisasi tentang Dalkarhutla, karena menjelang musim kemarau, kerapkali terjadi gangguan keamanan hutan berupa kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi guna menyadarkan masyarakat bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama.

“Kami berharap upaya siaga dan antisipasi karhutla nantinya perlu ada keterlibatan masyarakat, pengendalian kebakaran hutan dan lahan bukan hanya tanggung jawab instansi terkait melainkan semua masyarakat sekitar hutan,” katanya, Senin (25/7/2022).

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Magetan, Ari Budi Santosa mengatakan, BPBD Kabupaten Magetan akan merumuskan Gelar Siaga Dalkarhutla bersama Perhutani,TNI/Polri dan stakeholder lain yang ada di wilayah administratif Kabupaten Magetan, terutama di kawasan hutan Perhutani KPH Lawu Ds.

Sebagai upaya kedepan, akan dilakukan sosialisasi, pemasangan poster, plang larangan dan himbauan serta patroli bersama dengan stakeholder. “Selain itu akan diadakan kerjasama jangka panjang baik dengan Pemda dan TNI/Polri dan Dinas Kehutanan,” ujarnya. (jal/hjr)

#BPBD #perhutani