Jumat, 19 April 2024

Perhutani Bersama Bupati Perkuat Sinergi Gelar Sarasehan Pengelolaan Hutan di Ponorogo.

Diunggah pada : 14 Februari 2023 15:46:30 36
Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko

Jatim Newsroom - Guna membangun sinergi antar lembaga terkait, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Pemerintah Kabupaten Ponorogo, menggelar sarasehan bertema “Jambore Mandor Alas” 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung pembangunan di wilayah Kabupaten Ponorogo, guna menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar hutan.

Kegiatan Sarasehan ini  dilaksanakan di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Setonggo, Bagian Kesatuan Pemangkluan Hutan (BKPH) Pulung KPH Madiun, Dukuh Kebon Desa Pulung, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Adminitratur Perhutani KPH Lawu Ds, Loesy Triana, dalam keterangannya Selasa (14/2/2023) mengatakan, sinergi dan kerjasama dalam pembangunan melalui hutan lestari untuk meningkatkan manfaat hutan baik ekosistem, maupun kesejahteraan masyarakat sekitar hutan yang akan terus pihaknya canangkan.

“Perhutani selama ini telah berkontribusi demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Ponorogo, melalui Program Kemiteraan kehutanan dengan masyarakat, yang direalisasikan melalui kegiatan pertanian secara tumpangsari, pada lahan kawasan hutan yang dikelola Perhutani," katanya.

Loesy berharap dalam pengelolaan hutan di wilayah Ponorogo dalam perkembangan dan dinamika sosialnya, yang sangat cepat dan dinamis.

"Kami tidak bisa bekerja sendirian, kami butuh sinergi, peran serta dan kerjasama semua pihak yakni Koordinasi, Komunikasi dan Kolaborasi dengan intansi dan stakeholders terkait, sehingga bisa mensejahterakan masyarakat sekitar hutan di Kabupaten Ponorogo," harap Loesy.

“Pengelolaan hutan mempunyai tiga aspek penting yang harus berjalan seimbang, yakni aspek ekologi, sosial dan ekonomi, namun dalam pelaksanaannya diperlukan sinergi dan kerjasama dengan semua pihak, dalam mewujudkan Ponorogo yang hutannya lestari, masyarakatnya sejahtera,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berterima kasih atas undangan Perhutani dalam Jambore Mandor Alas yang digelar malam hari di tengah hutan. "Kebersamaan terutama pada Perhutani Lawu Ds, Perhutani Madiun yang telah berkontrbusi dalam program ketahanan pangan dan swasembada pangan melalui program kemitraan kehutanan," ujarnya.

“Kita juga  butuh dukungan semua pihak dalam implementasinya, karena dengan bersama kita bisa membangun Ponorogo lebih baik, aman masyarakat makmur walaupun di pingiran hutan,” ujar Bupati.

“Berharap ke-depan Perhutani dengan Pemkab Ponorogo bisa saling menjalin kerja sama dalam bidang pengelolaan hutan, perijinan dan potensi pengembangan wisata yang kemungkinan memakai lahan Perhutani,” tutup Sugiri. (jal/hjr)

#perhutani