Selasa, 23 Juli 2024

Mitigasi Bencana

Perhutani Banyuwangi Barat - Kodim 0825 Sinergitas Waspada Kemarau

Diunggah pada : 31 Mei 2024 9:56:01 42
Administratur KPH Banyuwangi Barat Muklisin, menjalin silaturahim ke Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Arh) Joko Sukoyo di Mako Kodim 0825 Banyuwangi.

Jatim Newsroom - Guna mengantisipasi serta kewaspadaan bencana alam, khusunya selama musim kemarau. Administratur KPH Banyuwangi Barat Muklisin, menjalin silaturahim ke Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Arh) Joko Sukoyo di Mako Kodim 0825 Banyuwangi.

Silaturahim dilaksanakan dalam rangka membangun sinergitas antara Perum Perhutani dengan Forkompimda khususnya dengan TNI AD. Sinergitas bertujuan menyamakan beberapa program yang ada di masing- masing instansi dan berkolaborasi agar semua program tersebut bisa berjalan dengan baik.

Administratur KPH Banyuwangi Barat, Muklisin dalam keterangannya Jumat (31/5/2024) mengatakan, bahwa dalam pertemuan dirinya menyampaikan bagaimana sinergi penanganan dan mitigasi bencana alam yang ada diwilayah seputaran BKPH Licin. "Karena setiap tahun pada saat musim kemarau itu ada potensi kebakaran hutan dan yang selama ini telah ada sinergi dan akan kita jaga sinergi tersebut antara Perum Perhutani dengan TNI AD," ujar Muklisin.

Yang kedua adalah rencana kegiatan tanaman kehutanan yang dilakukan pada lokasi lokasi KPS maupun lokasi hutan lindung yang bertujuan bagaimana untuk menjaga kelestarian hutan khususnya yaitu di Hutan Lindung. Muklisin juga mengatakan, yang tidak kalah penting dalam waktu dekat akan diagendakan kegiatan patroli bersama antara Perum Perhutani dengan TNI AD.

"Dari kegiatan patroli tersebut outputnya salah satunya adalah TNI AD khususnya KODIM 0825 Banyuwangi nanti akan berkunjung pada lokasi lokasi petak petak sadapan Pinus yang masih belum produktif," ucap Muklisin.

Muklisin juga mengutarakan jika dimungkinkan akan memberdayakan anggota TNI AD untuk bersama-sama bagaimana giat untuk melakukan kegiatan sadapan. "Artinya sinergi untuk membantu masyarakat mengedukasi terhadap kegiatan sadapan sehingga capaian produksi getah untuk di KPH Banyuwangi itu sesuai dengan harapan perusahaan. Banyak program lain yang nantinya kita akan tindaklanjuti dengan sinergi tahapan selanjutnya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan silaturahim berjalan sangat akrab, sehingga kedepan cita-cita untuk mewujudkan hutan lestari masyarakat sejahtera dan bagaimana semua stake holder berdaya, bersatu padu, cita cita tersebut bisa diwujudkan. (jal/hjr)

#perhutani