Jumat, 19 April 2024

Perempuan Jatim Urus Rumah Tangga di Rentang Usia Produktif

Diunggah pada : 5 Januari 2023 11:32:26 161
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur dalam laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2021 mencatat bahwa sebagian besar perempuan yang kegiatan utamanya mengurus rumah tangga berada pada rentang usia produktif, terutama pada kelompok usia 25 sampai 49 tahun.

Melansir laman resmi pada tanggal 5 Januari 2023, Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan menerangkan, paradigma yang masih berkembang di masyarakat bahwa mengurus rumah tangga termasuk membesarkan anak masih merupakan tugas utama perempuan, sehingga sebagian besar perempuan memutuskan untuk memilih tidak berpartisipasi aktif di pasar kerja dan memilih berada di rumah untuk mengurus keluarganya.

“Kondisi ini yang turut mempengaruhi tingginya persentase perempuan yang mengurus rumah tangga pada usia produktif,” ujar Dadang.

Berdasarkan tingkat pendidikannya, sekitar 48,06 persen perempuan yang mengurus rumah tangga tersebut berpendidikan SD ke bawah, termasuk dalam kategori ini adalah mereka yang tidak/belum pernah sekolah, tidak/belum tamat SD, atau tamat SD/sederajat.

Di sisi lain, kondisi ini merupakan tantangan tersendiri, terlebih di tengah berkembangnya pemikiran bahwa perempuan wajib mengenyam pendidikan tinggi agar bisa menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Pendidikan bagi perempuan bukan hanya dianggap sebagai jalan untuk berkesempatan bersaing dalam dunia kerja, tetapi juga cara untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya,” katanya. (idc/n)

 

 

#BPS Jatim #pasar kerja #rumah tangga