Jumat, 29 Maret 2024

Percepat Digitalisasi Pemerintahan, Kementerian PANRB Gelar SPBE Summit 2023

Diunggah pada : 20 Maret 2023 10:27:08 168

Jatim Newsroom - Sebagai upaya penguatan arah kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional dan mendorong komitmen Pimpinan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap penerapan SPBE, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Regormasi Birokrasi (PANRB) mengadakan Forum SPBE Summit 2023.

Forum yang dilangsungkan di Jakarta, Senin (20/3/2023) ini, mengusung tema “Sinergi untuk Indonesia Maju” dengan mengundang seluruh Pimpinan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Beberapa keynote speaker yang hadir, yaitu Menteri PAN RB Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Politik, hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Gubernur Jawa Timur yang juga didampingi Sekretaris Daerah Adhy Karyono, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB, Nanik Murwati, mengatakan, akselerasi digital tidak akan sukses tanpa adanya kolaborasi secara komperehensif antar instansi.

"Pada kegiatan ini kami mengundang seluruh pimpinan pusat dan kepala daerah agar memahami arah kebijakan SPBE, sekaligus mendapat insight dari instansi pemerintah yang berhasil melaksanakan SPBE," ujar Nanik.

Forum ini juga bertujuan untuk mendorong percepatan pelaksanaan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Nasional.

Pada penyelenggaraan Forum SPBE Summit 2023 ini, juga dilakukan serangkaian acara pemberian Digital Government Award (Anugerah Pemerintahan Digital) untuk mengapresiasi kinerja dan prestasi bagi Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Adapun peraih Anugerah Pemerintahan Digital ini terdapat beberapa kriteria kategori, yaitu Kategori Penerapan Layanan SPBE, Kategori Pencapaian Indeks SPBE, Kategori Peningkatan Indeks SPBE, Kategori Pelaksanaan tata kelola SPBE, Kategori penguatan Kebiajkan SPBE, dan Kategori Penerapan Manajeman SPBE.

Nanik menjelaskan, pemberian anugerah tersebut menjadi bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap instansi pemerintah dengan nilai pemantauan dan evaluasi terbaik 2021 dan 2022. Penganugerahan ini diharapkan dapat memberikan wawasan contoh banchmark SPBE yang baik.

SPBE Summit 2023, juga menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan peraturan presiden No.95/2018 tentang SPBE dan peraturan presiden No.132/2022 tentang Arsitektur SPBE.

Dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) diharapkan segera terwujud.  Selain itu tim koordinasi SPBE diperkuat menjadi Digital Transformation Agent (DTA) guna memastikan manajeman perubahan dan operasional layanan digital.

Selain itu, kata Nanik, pemerintah juga mempertegas moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi. Antar instansi pemerintah memperkuat konsolidasi aplikasi menjadi Platform Digital Terpadu, baik di internal maupun antar instansi pusat dan daerah.

Diharapkan melalui SPBE Summit 2023, dapat tercipta penyederhanaan proses bisnis menuju tematik layanan digital, dan interopebilitas data dan aplikasi melalui pemanfaatan arsitektur SPBE.(sti)

#Diskominfo Jatim #SPBE #KemenPANRB