Minggu, 21 Juli 2024

Percantik Anjungan Jatim di TMII , Diskominfo Jatim Bersinergi dengan Tiga Perangkat Daerah

Diunggah pada : 2 September 2022 15:09:12 33
Kadiskomifno Jatim, Hudiyono, emmimpin rapat teknis persiapan perkuat konten Anjungan Jatim di TMII Jakarta. Foto; herlambang JNR Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menggelar rapat teknis bersama perangkat daerah terkait untuk mempercantik dan memperkuat konten Anjungan Jatim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta. Rapat teknis dilakukan bersama perwakilan Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jatim.

"Saat ini Dinas Kominfo Jatim sudah menyediakan fasilitas berupa led videotron display dengan ukuran 6x8 yang dipasang di pintu masuk dan area joglo. Tinggal dilengkapi kontennya. Untuk konten ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya Kominfo," ujar Kadiskominfo Jatim, Hudiono saat memimpin rapat di ruang rapat Argopuro, Jumat (2/9/2022).

Pembenahan Anjungan Jatim sejalan dengan renovasi secara luas yang dilakukan Pemerintah Pusat di area TMII, dan diharapkan selesai sebelum pelaksanaan KTT G20 Oktober 2022.

Selain itu, upaya ini juga menindaklanjuti arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang meminta para kepala daerah merenovasi anjungan daerahnya masing-masing di TMII.

Pembenahan beberapa titik di Anjungan Jatim ini juga didukung digitalisasi informasi dan teknologi oleh Diskominfo, seperti menampilkan konten wisata, ekonomi dan budaya dalam format artificial intelligence.

Diharapkan dengan format tersebut pengunjung bisa menikmati walaupun belum berkunjung langsung ke lokasi tersebut.

"Misalnya pengunjung ingin melihat Gunung Bromo, maka cukup melalui format virtual reality, sehingga  memungkinkan pengunjung bisa saling berinteraksi terhadap objek nyata yang dapat disimulasikan menggunakan komputer. Ini alih-alih melihat layar di depan mereka, para user akan tenggelam dan mampu berinteraksi dengan dunia 3D," terang Hudiyono.(sti)

#Diskominfo Jatim #Kompleks TMII