Kamis, 28 Maret 2024

Perbedaan Suhu Yang Ekstrem, Bupati Sumenep Ingatkan CJH Jaga Kesehatan

Diunggah pada : 15 Juni 2022 16:44:34 119
Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi di sela-sela pelepasan simbolis Calon Jemaah Haji Kabupaten Sumenep di Aula Kantor Kementerian Agama setempat, Rabu (15/06/2022). Foto: Diskominfo Kab. Sumenep

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Sumenep meminta Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sumenep yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 21, supaya senantiasa menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji.

“Para calon jamaah haji hendaknya menjaga kesehatan, karena faktor kesehatan sangat rentan mengalami gangguan, akibat perbedaan cuaca antara Indonesia dan tanah suci Mekkah,” kata Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi d sela-sela pelepasan simbolis Calon Jemaah Haji Kabupaten Sumenep dan Manasik Akbar 2022, di Aula Kantor Kementerian Agama setempat, dikutip dari website Pemerintah Kabupaten Sumenep, Rabu (15/06/2022).

Apalagi, saat ini, informasinya kondisi cuaca di tanah suci Mekkah mencapai 45 derajat celcius, sehingga dalam menjalankan ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat, agar para CJH bisa melaksanakan tahapan ibadah dengan sempurna.

“Kami harapkan para CJH ini benar-benar menjaga kesehatan agar rukun haji bisa dilaksanakan dalam kondisi sehat, supaya khusyuk melakukan ibadah haji, seperti wukuf di Padang Arafah, mabit di Muzdalifah serta melempar Jumrah,” tuturnya

Pada sisi lain, Bupati berpesan para CJH menjaga nama baik bangsa terutama Kabupaten Sumenep, dengan tidak melakukan perbuatan dan tindakan yang menodai pelaksanaan ibadah haji.

Itu dilakukan karena kultur budaya Kabupaten Sumenep berbeda dengan tradisi dan budaya di Arab Saudi, terlebih lagi di  Tanah Suci Mekkah, bertemu dengan CJH dari berbagai negara lain yang memiliki kultur berbeda-beda.

“Jadi, para CJH Kabupaten Sumenep hendaknya jangan sembarangan melakukan sesuatu agar tidak terjadi kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan bersama. Bahkan, juga menjaga kekompakan sesama jamaah haji dari Indonesia, khususnya Kabupaten Sumenep, guna saling membantu dan saling mengingatkan,” pesannya. 

Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sumenep tergabung dalam kloter 21 berjumlah 316 jamaah. Dijadwalkan berangkat pada Sabtu 18 Juni 2022 dari GOR A. Yani Pangligur Sumenep, pukul 01.00 WIB.  

“Kami doakan para jamaah haji diberi kekuatan lahir batin, ibadah hajinya lancar, dan bisa meraih predikat haji mabrur serta selamat kembali berkumpul dengan keluarga di Kabupaten Sumenep,” pungkas Bupati. (ghf/hjr)

#Bupati Sumenep #cjh 2022 #Sumenep #Musim Haji 2022 #naik haji