Minggu, 2 Oktober 2022

Pengurus PMI Kota Malang Masa Bhakti 2022-2027 Dikukuhkan

Diunggah pada : 13 Mei 2022 18:31:59 315
Ketua PMI Provinsi Jatim, Imam Utomo saat melantik Pengurus PMI Kota Malang Periode 2022 - 2027

Jatim Newsroom - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur, H. Imam Utomo, melantik pengurus  PMI Kota Malang Masa Bhakti 2022 - 2027, di Hotel Santika Malang, Jumat (13/5/2022).

Imam Utomo menyampaikan terima kasih kepada pengurus baru yang telah dilantik, dan berharap semoga ke depan bisa menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat. Tak lupa kepada para pengurus lama juga  disampaikan terimakasih atas pengabdiannya selama menjalakan tugas.

Lebih lanjut ia mengatakan, semua yang ada di forum ini adalah relawan. Tidak ada sesuatu di PMI karena PMI adalah organisasi sosial. Sesuai UU No. 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan. Dimana disitu ada 5 tugas pokok dan 3 tugas tambahan, ditambah tugas-tugas PMI Pusat berdasarkan AD/ART.

“Tugas PMI itu yang pokok adalah donor darah dan tugas bencana alam. Selama ini untuk provinsi Jawa Timur selalu dilihat oleh seluruh PMI di Indonesia. Artinya PMI Jatim menjadi barometer,“ ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan apresiasi kepada PMI  Kota dan Kabupaten Malang khususnya dalam pelaksanaan donor darah yang selama ini sudah berjalan cukup baik. Bahkan  BPOM juga memberikan penilaian yang baik kepada Jawa Timur, tegas mantan Gubernur Jatim dua periode tersebut.

“Tindakan, respon dan aksi cepat penanganan bencana alam oleh PMI kota dan kabupaten Malang tergolong bagus. Hal tersebut terlihat dari upaya penanganan bencana Semeru di Lumajang dengan pendirian posko mandiri,” tegasnya

Selain itui, Imam Utomo juga menyampaikan persoalan perlunya para relawan mempunyai sertifikasi. Bila belum ada sertifikasi, segera diusulkan ke provinsi agar diikutkan dalam pelatihan baik bagian dapur, kesehatannya dan evakuasi. Jangan sampai ada relawan yang dikirim ke wilayah bencana malah menjadi beban.

“Dalam penanganan bencana alam PMI, jangan meninggalkan BPBD setempat. Jangan bertindak sendiri. Agar berjalan lancar. PMI Pusat sudah memberikan kepercayaan Jawa Timur sangat baik agar tetap dijaga, “ pungkasnya. (aud/s)

#pmi #Jawa Timur