Selasa, 31 Januari 2023

Pengurus PMI Kecamatan se Trenggalek Dilantik

Diunggah pada : 22 November 2022 12:50:19 51
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Trenggalek, Ir Mulyadi WR, MMT melantik Pengurus Kecamatan

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Trenggalek melantik dan mengukuhan  pengurus tingkat  Kecamatan masa bhakti  2022-2027. Prosesi  tersebut  dipimpin oleh  Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Trenggalek, Mulyadi WR, di gedung Serbaguna kantor PMI Trenggalek, Selasa (22/11/2022).

Ketua PMI Kabupaten Trenggalek, Mulyadi,  dalam sambutannya mengatakan, sebagai organisasi kemanusiaan di Indonesia, PMI telah menorehkan perubahan-perubahan dalam menjalankan organisasi baik yang bersifat internal maupun eksternal.

“Palang Merah Indonesia adalah salah satu aset bangsa dan negara yang perlu dijaga dan dikelola dengan cara profesional, amanah, netral, dan mandiri, PMI terus dituntut untuk berada di garis terdepan dalam bidang penanganan bencana, pengelolaan darah dan ikut serta dalam menangani tugas kemanusiaan lainnya,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan pada saat bencana sedang terjadi, PMI telah berupaya mengerahkan segenap kemampuan dan kapasitas yang dimiliki, mulai dari relawan, staff dan pengurus untuk ikut berperan aktif di dalamnya untuk membantu meringankan beban korban terdampak banjir maupun tanah longsor dengan layanan-layanannya seperti assesment, Pendirian Posko Bencana, Evakuasi Korban banjir di Kecamatan Trenggalek dan Pogalan, serta Pendirian Dapur Umum.

PMI juga menjadi tujuan warga masyarakat, dermawan, donatur, organisasi kemasyarakatan, Komunitas Relawan, bebrapa instansi maupun dari PMI kabupaten/Kota lain untuk menitipkan bantuan yang akan disalurkan kepada para korban terdampak. Bantuan berupa sembako, Hygiene Kit, Family Kit, Baby Kit dan lain-lain yang diterima PMI Kabupaten Trenggalek telah didistribusikan kepada yang berhak menerima. Saat terjadi bencana kemarin PMI menyediakan dan mendistribusikan 2500 nasi bungkus, 500 paket bantuan dari PMI Jatim, masyarakat dan alokasi dana hibah pemerintah daerah telah disalurkan dan dipertanggungjawabkan sebaik mungkin secara transparan akuntabel.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PMI Kabupaten Trenggalek atas kinerjanya yang luar biasa membantu pemerintah dibidang sosial kemanusiaan.

“Kemajuan yang telah dibangun oleh bupati-bupati sebelumnya bisa habis dalam satu malam dengan namanya bencana. maka kedepan resiliensi terhadap bencana ini juga menjadi satu faktor penting terhadap kemajuan. Jangan sampai kemauan itu terhambat oleh sesuatu yang namanya bencana dan pemulihan itu juga butuh effort yang luar biasa, “ jelasnya

Diharapakan dengan keberadaan PMI beserta seluruh relawan kami berharap bisa selalu membantu secara cepat, memulihkan kondisi saat terjadi bencana. Selesai prosesi pelantikan, Seluruh Pengurus PMI Kecamatan mendapatkan pembekalan orientasi kepalangmerahan, Kemarkasan dan Unit Donor Darah. (Aud/s)

#pmi