Jumat, 29 Maret 2024

Pengangguran Perempuan Jatim di Perkotaan Lebih Besar

Diunggah pada : 16 Januari 2023 14:17:53 105
Sumber Foto: Istimewa

Jatim Newsroom – Pengangguran perempuan di Jawa Timur memiliki pola yang sama seperti pola pengangguran secara umum. Pengangguran di daerah perkotaan cenderung memiliki proporsi yang relatif lebih besar daripada pengangguran di daerah perdesaan.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) dalam laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2021, pada Senin (16/1/2023) tercatat bahwa pengangguran perempuan, baik penganggur perempuan yang tinggal di perkotaan maupun di perdesaan cenderung berada di kelompok usia muda (20-29 tahun). 

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan menerangkan bahwa pada rentang usia tersebut, besar kemungkinan mereka baru menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA sampai perguruan tinggi atau yang lebih dikenal dengan sebutan pengangguran terdidik. 

“Artinya, mereka yang menganggur pada kelompok usia ini biasanya adalah mereka yang sedang menunggu atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki,” ujarnya. 

Dadang pun menjelaskan, persentase perempuan yang menganggur semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Perempuan yang berada pada kelompok usia di atasnya (30 tahun ke atas) kemungkinan besar telah memasuki masa pernikahan dan setelah memutuskan menikah, mereka lebih memilih untuk mengurus rumah tangga dan tidak berpartisipasi aktif di pasar tenaga kerja. (idc/n)

#Ketenagakerjaan #Pengangguran #BPS Jatim