Rabu, 24 April 2024

Penerima Manfaat di UPT Bina Rungu Wicara Jatim Ikuti Pelatihan Kedisiplinan

Diunggah pada : 17 Mei 2023 13:24:08 52
PM UPT RSBRW Pasuruan Mengikuti Kegiatan FMD di UPT BLK Pasuruan Disnakertrans Pemprov Jatim

Jatim Newsroom-  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara (UPT RSBRW) melakukan pendampingan kepada dua Penerima Manfaat (PM) untuk mengikuti kegiatan FMD (Fisik, Mental, dan Disiplin) di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan.

Kegiatan FMD merupakan kegiatan yang dilakukan selama dua hari sebelum kegiatan pelatihan dimulai. Hal ini bertujuan untuk membentuk kekompakan siswa latih dengan teman kelasnya atau teman satu kejuruannya. Selain itu juga dalam kegiatan ini juga melatih kedisiplinan dari peserta pelatihan. 

Kegiatan FMD diawali dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh instruktur dari TNI. Dalam apel ini juga dilakukan pembacaan janji siswa secara serentak yang dipimpin oleh perwakilan siswa latih.  Setelah pembacaan janji siswa, peserta pelatihan menerima pengarahan dari pemimpin apel. Kemudian siswa mengikuti kegiatan baris berbaris.

Ke depannya 16 peserta pelatihan yg mengikuti pelatihan las listrik dengan kualifikasi 3 G ini secara otomatis terdaftar dalam data base Kios 3in1 (Pelatihan, Sertifikasi dan Penempatan). Denagn demikian harus mengikuti seluruh tahapan kurikulum silabus sesuai jamlat (jam latihan) standar pelatihan berbasis kompetensi. Semua peserta yang dinyatakan lulus akan memperoleh sertifikat pelatihan dari UPT BLK Disnakertrans Prov Jatim Pasuruan di Pandaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT RSBRW Pasuruan, Pitono, di kantornya, Rabu (17/5/2023)  mengatakan, kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 35 hari efektif, mulai  15 Mei - 21 Juni 2023. Peserta pelatihan yang dinyatakan lulus akan mendapat sertifikat pelatihan dari UPT BLK Pasuruan dengan dua bahasa, sehingga dapat digunakan untuk mendaftar di berbagai perusahaan. 

"Disamping itu, bilamana perusahaan yang sudah bekerja sama dengan UPT BLK Pasuruan apabila membutuhkan tenaga kerja yang berasal dari Disabilitas rungu  wicara otomatis tinggal menghubungi Kios 3in1 saja. Dan dari pihak BLK akan menginformasikan hal tersebut kepada alumni peserta pelatihan," ujarnya. (her/s) 

#dinsos jatim