Jumat, 19 April 2024

Pencak Silat Kolosal dan Teatrikal Sunan Kalijaga Meriahkan Parade Surya Senja

Diunggah pada : 17 Maret 2023 23:56:47 132
Unjuk Gelar Parade Surya Senja.

Jatim Newsroom - Unjuk gelar Parade Surya Senja yang mengawali Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/3/2023) sore dimeriahkan atraksi marching band dan seni beladiri pencak silat.

Penampil unjuk gelar pertama yaitu Marching Band Melati TK Al Kautsar Kota Pasuruan, mereka anak-anak kisaran usia 5 - 6 tahun mampu menampilkan harmonisasi alat musik dan gerakan dalam irama.

Unjuk gelar kedua berupa pencak silat kolosal dari Pagar Nusa PC NU Kota Surabaya. Perguruan pencak silat ini berdiri sejak tahun 1986 dengan padepokan pertama di Kantor PC NU Jl. Bubutan Surabaya, hingga kini kiprahnya telah berprestasi dalam berbagai event kejuaraan atau delegasi seni budaya Indonesia. Diantaranya pada ajang kejuaraan dalam dan luar negeri seperti di Aljazair dan tampil duta seni budaya di Arab Saudi. Sedangkan prestasi di daerah, juara pada Kejurprov di Blitar dan Porprov di Lumajang.

"Pagar Nusa memiliki filosofi di setiap gerakannya memiliki khas pencak silat yang menonjol bukan hanya menjadi sarana prestasi dan kanuragan tetapi juga mencetak generasi bangsa yang berakhlakul karimah. Pagar Nusa adalah pagarnya NU dan bangsa, NKRI harga mati, Bela Kyai sampai mati," kata narator saat mengiringi para pesilat yang sedang bermanuver.

Penampil unjuk gelar ketiga dari Marching Band Yayasan  Wahidiyah Kota Kediri. Mereka menampilkan  kolaborasi marching band dalam teatrikal tentang kisah kewaliannya Sunan Kalijaga,  saat Raden Said ingin membegal Sunan Bonang namun syahdan kalah dan tobat hingga Sunan Bonang menyuruhnya untuk bertapa di pinggir kali.

Parade Surya Senja ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Plt Kepala Dinas Pendidikan Prov Jatim, Wahid Wahyudi. Bertugas sebagai Komandan Upacara Akbar Mujahidin Nurzaman anggota Menwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sedangkan Petugas Penurunan Bendera, anggota Paskibraka SMAN Klakah Kabupaten Lumajang. 

Kegiatan Parade Surya Senja - Upacara Penurunan Bendera Merah Putih ini dikoordinir oleh Dispora Jatim dan disiarkan secara langsung live streaming MNC Dinas Kominfo Jatim. (pno/n)

#parade surya senja 17/3/2023

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait