Senin, 3 Oktober 2022

Pemkot Probolinggo Siapkan Rumah Batik

Diunggah pada : 15 Juni 2022 16:27:54 83
Wali Kota Probolinggo membuka Pelatihan Batik Teknik Tie Dye di Orin Resto Probolinggo, Rabu (15/6/2022). Foto: Diskominfo Kota Probolinggo

Jatim Newsroom - Sebanyak 30 pembatik mengikuti pelatihan batik teknik tie dye (shibori, jumputan, smoke, sasirangan dan ecoprint), Rabu (15/6/2022) di Orin Resto Kota Probolinggo. Pelatihan yang digagas Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian (DKUPP) ini digelar selama lima hari ke depan hingga Minggu (19/6/2022).

Melansir website Pemerintah Kota Probolinggo, Kepala DKUPP Fitriawati melaporkan, maksud dan tujuan giat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kinerja, nilai tambah serta daya saing produk sentra IKM. Selain itu juga untuk mendorong tumbuhnya industri kreatif di Kota Probolinggo sebagai basis penguatan ekonomi lokal.

Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin didampingi istri tercinta, Ketua Dekranasda Aminah Hadi mengajak pembatik menjaga mutu dan kualitas produknya. Ia juga berpesan pada pembatik agar tidak terlena pada setiap usaha yang sudah dilakukan. Karena menurutnya, kemajuan zaman ikut mempengaruhi pola pikir yang dinamis. “Ayo kita terus mengasah kemampuan, keterampilan agar tidak kalah dengan daerah lain. Komitmen dari pemerintah ingin mendorong bagaimana batik ini harus terus menggema di wilayah Jawa Timur khususnya,” serunya.

Sebagai wujud perhatian pemerintah pada pembatik, Habib Hadi bakal menyiapkan rumah batik yang siap diisi pembatik dengan corak khas Kota Probolinggo. “Insyaallah tahun ini kita lelang (rumah batik), mudah-mudahan tidak ada aral melintang, bisa terwujud dan bermanfaat,” terangnya.

Ditemui usai seremonial, Ketua Dekranasda Aminah Hadi mengungkapkan harapannya agar pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pembatik. Karena menurutnya mereka memiliki potensi dan semangat untuk belajar sehingga produk mereka bisa tampil di rumah batik nantinya. “Saya berharap pembatik dapat bersaing dan bisa mengisi rumah batik yang akan dibangun dan kalau saya melihat semangat mereka, insyaallah mereka bisa dan pasti bisa,” ujarnya.

Turut hadir dalam giat itu Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Tartib Goenawan, Plt. Kepala DPPKA Kota Probolinggo, Yusron dan Lurah Sukabumi Angga Pramudya. (ghf/hjr)

#Probolinggo #Batik #tie dye