Sabtu, 20 April 2024

Pemkot Mojokerto Salurkan Bansos untuk Ratusan Anak Yatim Non Panti

Diunggah pada : 12 April 2023 10:40:43 32
Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menyalurkan Bantuan Soasial (Bansos) kepada 387 anak yatim non panti kategori keluarga rentan, masing-masing senilai 1 juta rupiah, di Rumah Rakyat, Selasa (11/4/2023).

“Tujuannya agar bansos ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan terutama pada saat Ramadan dan Hari Raya nanti,” ujar Kepala Dinsos P3A, Choirul Anwar.

Hal tersebut sebagai upaya untuk menjaga daya beli masyarakat serta dalam rangka mengantisipasi dan mengendalikan dampak inflasi yang kerap muncul ketika menjelang Hari Raya Idulfitri. Selain itu juga untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sedangkan khusus bagi anak yatim, harapannya bansos ini dapat membantu kebutuhan pendidikan mereka,” tambah Choirul Anwar seperti dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. 

Penyaluran bansos kali ini tidak hanya menyasar anak yatim non panti. Sejumlah kategori yang termasuk dalam kategori keluarga rentan juga menjadi penerima bantuan. Mulai dari 1.325 lansia kurang mampu masing-masing senilai 500 ribu rupiah, 289 disabilitas dan eks trauma sebesar 300 ribu rupiah, hingga 441 tukang becak sebesar 350 ribu rupiah.

Penyaluran bantuan pun terbagi menjadi beberapa hari. Untuk lansia dijadwalkan berlangsung pada 10-14 April 2023. Sementara tukang becak pada 12 April 2023, dan penyandang disabilitas pada 13 April 2023. Seluruh proses penyaluran dilakukan di Rumah Rakyat, kecuali bagi lansia kurang mampu yang disalurkan secara home visit. 

“Khusus untuk para lansia, kami bekerja sama dengan Pos Indonesia. Jadi, para Petugas Kantor Pos nanti akan langsung mengirimkan bantuan ke rumah masing-masing penerima lansia. Dengan skema demikian, diharapkan dapat mempermudah dan menambah kenyamanan bagi para lansia. Mengingat, mereka tidak perlu antre dan menunggu di Rumah Rakyat,” papar Choirul. (idc/n)

#Kota Mojokerto #bantuan sosial #anak yatim