Kamis, 25 April 2024

Pemkot Mojokerto Gelar Sosialisasi Metrologi

Diunggah pada : 19 September 2022 13:39:19 82
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari

Jatim Newsroom - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag) menggelar sosialisasi metrologi dan perlindungan konsumen, di Sabha Mandala Madya Pemerintah Kota Mojokerto, Senin (19/9/2022).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, mengatakan, penting bagi pemroduksi maupun penjual untuk memahami tentang metrologi. Mengingat Kota Mojokerto yang merupakan kota perdagangan dan jasa, dimana sektor perdagangan menjadi penyumbang PDRB tertinggi di Kota Mojokerto.

"Inilah pentingnya baik sebagai pemroduksi maupun sebagai penjual harus memahami metrologi, karena ada aturannya yang mengatur tentang metrologi. Ada Undang-Undang nomor 2 tahun 1981 tentang metrologi legal," ujarnya.

Sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut menekankan bahwa sebagai pemroduksi atau penjual harus legal dalam menentukan ukuran barang yang dijual kepada konsumen. "Ini terkait hak dan kewajiban. Kami berharap seluruh pedagang maupun industri yang memproduksi produk-produk yang akan diperdagangkan di Kota Mojokerto ini harus tertib ukur," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Diskop UKM perindag Kota Mojokerto, Ani Wijaya, mengajak seluruh pelaku usaha untuk bersama-sama menjadikan Kota Mojokerto menjadi daerah tertib ukur.

"Meskipun kita belum memiliki Unit Metrologi Legal (UML) sendiri, tetapi kami terus memperbaiki sistem. jadi mohon dukungan dari pelaku usaha di Kota Mojokerto untuk bersama-sama berikhtiar menjadikan Kota Mojokerto menjadi daerah tertib ukur," imbuhnya.

Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari PLN, PDAM, Pengelola Rumah Sakit, Pengelola Klinik, Pengelola Industri/Pabrik, Pengelola Supermarket/Toko Modern, Pengelola Ekspedisi, Pengelola SPBU, Pemilik Toko Emas, Para Pedagang dan Ketua Paguyuban Pedagang, diberikan pengetahuan terkait metrologi barang dalam kemasan.

Dua Narasumber yang dihadirkan dalam acara tersebut adalah Kepala Unit Metrologi Legal Kabupaten Mojokerto, Anggi Amrozi, S.sos, dan Kasi Pemberdayaan Konsumen Pelaku Usaha, UPT Perlindungan Konsumen Bojonegoro, Moh. Tauchid.(ern/s)

#Kota Mojokerto