Jumat, 19 April 2024

Pemkab Probolinggo Lantik Anggota Panwaslu Kecamatan

Diunggah pada : 28 Oktober 2022 8:51:36 8
Pelantikan Anggota Panwaslu Kecamatan

Jatim Newsroom - Pemkab Probolinggo melalui Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melantik dan mengambil sumpah/janji 72 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Kamis (27/10/2022).

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Fathul Qorib, ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, perwakilan Polres Probolinggo serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto memberikan apresiasi dengan capaian yang luar biasa pada Banwaslu Kabupaten Probolinggo.

“Atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan selamat atas dilantiknya dan pengambilan sumpah/janji kepada 72 orang anggota pengawas pemilu kecamatan pada 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Heri mengharapkan semoga panwaslu kecamatan yang baru dilantik menjadi pengawas yang amanah dan berintegritas, melaksanakan tugas pengawasan pada pemilihan umum yang berazas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. “Tentunya, berdasarkan pada 11 prinsip yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, akuntabel, efektif dan efisien,” tegasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib menyampaikan 72 anggota panwaslu kecamatan ini merupakan hasil seleksi yang sudah dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Probolinggo mulai dari administrasi, tes tulis hingga wawancara. “Masing-masing kecamatan diambil 3 orang yang lulus seleksi hingga total di 24 kecamatan jumlahnya mencapai 72 orang,” ujarnya.

Qorib menerangkan pada saat proses rekrutmen panwaslu kecamatan dimulai terdapat 831 orang pendaftar terdiri dari laki-laki sebanyak 591 orang dan perempuan sebanyak 240 orang peserta. “Dari jumlah pendaftar tersebut, Bawaslu Kabupaten Probolinggo tercatat sebagai pendaftar terbanyak se-Jawa Timur,” pungkasnya.(ern/s)

#kabupaten probolinggo