Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Pasuruan Rencanakan Penambahan Jumlah Embung

Diunggah pada : 30 Mei 2023 15:31:53 52
Foto : Diskominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan tetap berencana menambah jumlah embung di tahun depan.

Plt Kepala Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka, mengungkapkan, penambahan embung dibutuhkan untuk penyediaan sarana irigasi serta kebutuhan mandi dan cuci di tengah masyarakat serta menjadi sarana konversi alam di wilayah Kabupaten Pasuruan.

"Inilah yang akhirnya mendorong kami untuk membangun embung-embung di Kabupaten Pasuruan," kata Hanung, Selasa ( 30/05/2023).

Seperti diketahui, saat ini sudah ada tujuh embung yang dibangun.  Di antaranya embung Mbiting, Desa Sukoreno, Kecamatan Sukorejo, embung Kertosari, Kecamatan Purwosari; embung Kedungbanteng, Kecamatan Rembang; embung Krikilan, Kecamatan Kejayan; embung Kalisat, Kecamatan Rembang juga ada embung Sanganom di Nguling serta embung Welulang, Kecamatan Lumbang.

Hanung menegaskan, Pemkab Pasuruan merencanakan agar ada tambahan embung yang bisa dibangun di Pasrepan maupun di wilayah Sumberejo, Kecamatan Purwosari. Pembangunannya direalisasikan oleh pemerintah pusat melalui BBWS Brantas. Peran Pemkab Pasuruan, salah satunya dengan penyediaan lahan. Sekarang, khusus untuk Pasrepan, sedang proses pembebasan lahannya. (yan/s)

#kabupaten pasuruan